Mineral adalah zat anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang relatif kecil, tetapi memiliki fungsi sangat penting di berbagai proses metabolisme dan kerja tubuh.

Mineral bersifat mudah larut dalam air sehingga mineral yang masuk ke dalam tubuh tidak akan mengalami proses cerna karena langsung diserap oleh usus.

Contoh mineral

Dirangkum dari buku IPA Terpadu, berikut beberapa contoh mineral dilengkapi dengan fungsi dan sumber mendapatkannya.

1. Kalsium

Kalsium adalah mineral yang paling banyak dalam tubuh. Fungsi kalsium ini untuk membantu pembentukan tulang dan gigi, proses pembekuan darah, serta kontraksi dan relaksasi otot.

Sumber mineral kalsium bisa didapatkan dari susu, kuning telur, udang, keju, mentega, dan sayuran.

2. Fosfor

Fosfor adalah mineral yang berfungsi untuk membantu pembentukan tulang dan gigi serta proses pembelahan sel.

Fosfor bisa diperoleh dari makanan sehari-hari seperti susu, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

3. Zat besi

Zat besi adalah jenis mineral yang berfungsi untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah, produksi energi dalam sel, dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat besi banyak ditemukan dalam daging, telur, hati, dan sayuran hijau.

4. Natrium

Natrium merupakan jenis mineral yang berfungsi mengatur denyut jantung, memelihara keseimbangan asam dan basa, serta mengantarkan impuls darah.

Kandungan mineral natrium ini ada dalam garam dapur (NaCl), ikan, keju, dan makanan dari laut.

5. Kalium

Kalium adalah mineral yang perannya bisa untuk mengatur tekanan osmotik sel dan membantu mengantarkan rangsang pada sel saraf. Sumber kalium itu sendiri banyak ditemukan dalam daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

6. Klor

Klor termasuk jenis mineral yang berguna dalam menjaga tekanan osmotik dan kadar air dalam tubuh, serta membantu pembentukan HCI pada lambung serta menguatkan tulang dan gigi. Klor biasa ditemukan dalam kandungan garam dapur, ikan, dan makanan dari laut.

7. Fluor

Flour merupakan jenis mineral yang fungsi utamanya untuk menguatkan tulang dan gigi. Mineral ini sumbernya berasal dari kuning telur, susu, sayuran, dan makanan yang berasal dari laut.

8. Iodium

Iodium termasuk mineral untuk membantu pembentukan hormon tiroksin. Sumber ioudium ada dalam garam iodium dan ikan.

9. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang berguna untuk mengaktifkan pembentukan sel darah merah. Sumber magnesium ini ada pada telur, hati, dan sayuran hijau.

10. Tembaga

Tembaga termasuk mineral yang berperan dalam pembentukan tulang, pembentukan ASI dan hemoglobin. Sumbernya tembaga ini ada dalam kacang-kacangan, hati dan daging.

Itulah berbagai macam contoh mineral yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan atau kelebihan mineral tertentu bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan berbagai jenis mineral secara seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.