Ilustrasi. Logo dan tema Hari Pendidikan Nasional 2024. (Istockphoto/ Yamtono_

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari bersejarah nasional yang diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya. Dalam rangka memperingatinya, Kemendikbudristek telah merilis logo dan tema besar perayaannya.

Berikut logo dan tema Hari Pendidikan Nasional 2024.

Sejarah singkat Hari Pendidikan Nasional 2024

Peringatan Hardiknas merupakan momen istimewa bagi seluruh insan pendidikan untuk mengapresiasi jasa para pejuang pendidikan serta meningkatkan semangat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

2 Mei dipilih sebagai Hari Pendidikan Nasional bertepatan dengan tanggal lahir tokoh penting kemajuan pendidikan Indonesia, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara dikenal karena memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi semua kalangan, termasuk anak-anak kaum pribumi saat Indonesia masih di bawah kolonial Belanda.

Berkat jasanya, pemerintah menetapkan peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1961 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Tema Hari Pendidikan Nasional 2024

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek telah menetapkan tema besar peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Hal ini termuat dalam Surat Edaran (SE) Mendikbudristek tentang Pedoman Peringatan Hardiknas 2024.

Bertepatan dengan peringatan itu, Kemendikbudristek juga mencanangkan bulan Mei 2024 sebagai Bulan Merdeka Belajar. Kemendikbudristek juga mengimbau seluruh instansi pusat dan daerah untuk ikut memperingati Hardiknas 2024.

Selain itu, akan ada pula upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional pada Kamis, 2 Mei 2024 pukul 7.30 WIB secara tatap muka.

Logo Hari Pendidikan Nasional 2024

Masyarakat bisa berpartisipasi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024. Logo Pendidikan Nasional 2024 serta Sambutan Mendikbudristek dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

Berikut link download logo Hardiknas 2024.

Logo ini dapat digunakan sebagai logo utama dalam kegiatan peringatan hari pendidikan, dipasang di media sosial dan website, maupun sebagai desain merchandise.

Itulah link download logo dan tema Hari Pendidikan Nasional 2024.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia