Ilustrasi. Ada sejumlah air rebusan yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit pinggang. (iStockphoto/kokouu)

 

Sakit pinggang tentu bisa mengganggu produktivitas harian. Tak perlu buru-buru minum obat dokter, Anda bisa coba mengonsumsi air rebusan untuk mengobati sakit pinggang berikut ini.

Sakit pinggang adalah rasa sakit yang berasal dari bagian pinggang yakni pada area tulang rusuk paling bawah hingga tulang pinggul. Sakit pinggang dapat terjadi karena duduk terlalu lama, banyak membungkuk, atau masalah pada saraf dan tulang.

Sakit pinggang bisa dialami siapa saja, terutama seseorang di usia 30 – 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh perubahan tubuh seiring usia. Selain itu, ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan rasa sakit yang diakibatkan pun berbeda-beda. Penyebab yang sering terjadi meliputi:

  • Ligamen terkilir
  • Otot terlalu meregang berlebihan
  • Otot terkilir secara tiba-tiba
  • Mengangkat beban berat dengan posisi tubuh yang tidak tepat
  • Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat
  • Cedera saat olahraga

Selain dengan obat-obatan medis, sakit pinggang bisa diatasi dengan air rebusan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Apa saja?

1. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Senyawa bioaktif utama kunyit yang disebut kurkumin mungkin memiliki sifat antiinflamasi. Mengutip PharmEasy, senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup mencampurkan beberapa bahan seperti kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot yang telah dibersihkan terlebih dahulu ke dalam sebuah panci untuk direbus.

Lalu rebus hingga mendidih, kemudian diamkan hingga air menghangat. Setelah itu, saring air rebusan tersebut. Kemudian ramuan diminum secara rutin setiap pagi dan sore.

2. Lengkuas

Air rebusan lengkuas bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Hal ini karena lengkuas juga memiliki sifat anti-inflamasi. Teh lengkuas dapat menjadi solusi sakit pinggang di rumah.

Untuk membuat teh lengkuas, tambahkan sepotong kecil akar lengkuas yang telah dihancurkan ke dalam teh pilihan Anda, dan rebus bersama dalam air selama beberapa menit.

Kemudian, saring teh, tambahkan gula atau madu dan minum teh ini di pagi dan sore hari untuk meredakan nyeri pinggang dengan cepat.

3. Bawang merah

Sejak dulu bawang merah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri sekaligus menyembuhkan penyakit sakit pinggang. Bawang merah juga mengandung komponen aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tanin.

Cara membuatnya, siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan kurma Cina. kemudian tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

4. Daun binahong

Guru besar Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Elin Yulinah, mengatakan, binahong memang memiliki khasiat yang sangat beragam dalam mengatasi beragam penyakit.

Hal itu telah dibuktikan melalui beberapa kali uji coba di Laboratorium Farmakologi-Toksikologi, Sekolah Farmasi ITB.

Elin mengatakan mengonsumsi binahong bisa dilakukan dengan merebus tanaman tersebut dan air rebusannya bisa diminum langsung. Tanaman binahong memiliki khasiat mengatasi gagal ginjal, asam urat, dan penyembuhan luka.

5. Daun sirih

Melansir laman Kemenkes, daun sirih mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Pengobatan tradisional dengan sirih, terbukti efektif dan mampu menyembuhkan penyakit atau mengurangi rasa sakit, khususnya di bagian pinggang.

Itulah 5 air rebusan untuk mengobati sakit pinggang. Ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia