Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Teh mint terkenal menyegarkan dan menyehatkan. Namun, jika teh mint diminum setiap hari, bagaimana efeknya untuk tubuh? Apakah baik atau justru buruk?

Selain kopi, teh juga merupakan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Ada banyak jenis teh di dunia ini, mulai dari teh hitam, teh putih, teh hijau, maupun teh-teh yang terbuat dari daun herbal.

Teh daun herbal dikenal menyehatkan. Salah satu yang terkenal dengan khasiatnya adalah teh daun mint. Minum teh daun mint mampu menenangkan dan menyegarkan.

Berasal dari tanaman mint aromatik yang tidak hanya menstimulasi indera, tetapi juga membawa serangkaian manfaat kesehatan yang potensial. Mulai dari membantu pencernaan hingga meredakan gejala pilek.

Daun mint sendiri masuk ke dalam daun herbal mencakup peppermint dan spearmint. Untuk membuat teh mint, kamu hanya perlu merendam daun segar atau kering ke dalam air mendidih dan seduh. Teh mint bisa disajikan panas atau dingin, bisa manis atau tawar.

Lalu, apakah sehat minum teh mint setiap hari? Berikut faktanya seperti dirangkum dari eatingwell.com (04/01/2024)

1. Kandungan nutrisi teh mint

Teh mint menjadi salah satu teh yang sebenarnya bebas kalori. Daun mint juga merupakan sumber alami berbagai nutrisi penting, lapor USDA. Di dalamnya juga terkandung vitamin A dan C. C.

Daun mint juga tinggi antioksidan. Namun, antioksidan akan berkurang jika sudah diseduh.

Salah satu kandungan nutrisi unik teh mint yaitu kandungan mentholnya. Senyawa ini dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti menenangkan masalah pencernaan dan membantu meringankan sakit kepala.

2. Teh mint menyehatkan pencernaan

Hal yang terjadi pada tubuh ketika minum teh mint setiap hari yaitu bisa menyehatkan pencernaan. Sebagian khasiatnya datang karena kandungan mentol. Senyawa organik ini memiliki efek antispasmodik, artinya membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan dan memfasilitasi transit makanan yang lebih lancar dan lebih cepat melalui sistem pencernaan.

Menurut Mount Sinai, daun mint merangsang aliran empedu yang selanjutnya membantu pencernaan dengan memecah lemak. Itu sebabnya, kamu sebaiknya minum teh daun mint setelah makan.

3. Bikin pernafasan sehat

Meskipun hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa minum teh mint berdampak besar pada kesehatan pernapasan karena mentholnya, tetapi Mount Sinai mencatat, mentol dapat berfungsi sebagai dekongestan alami yang berpotensi membantu memecah dahak dan lendir.

Khasiat teh mint juga dapat meredakan batuk kering dan sakit tenggorokan, memberikan kenyamanan sementara saat sedang tidak enak badan.

4. Teh mint menyehatkan mental

Minum teh mint setiap hari juga bisa memberi manfaat kesehatan mental. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Pharmacy & Pharmacology 2021, kandungan mentol yang ditemukan diduga memiliki efek menenangkan yang dapat mengurangi stress dan relaksasi.

Teh mint juga dikatakan dapat merangsang otak, meningkatkan fokus, dan fungsi kognitif. Oleh karena itu, teh mint bisa menjadi alternatif alami bebas kafein yang membantu menjaga kewaspadaan mental, tanpa memicu efek samping gelisah terkait kafein.

Namun, studi ilmiah mengenai hal ini masih berlangsung. Masih perlu banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut.

5. Efek positif negatif minum teh mint setiap hari

Sebenarnya, minum teh mint setiap hari bagus untuk pola makan sehat kebanyakan orang. Terutama, jika teh mint menjadi pengganti minuman manis.

Namun, balik lagi, teh ini tetap berpotensi menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak. Misalnya, menyebabkan rasa mulas atau alergi pada beberapa individu.

Meskipun teh mint memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan, tetapi jika terlalu banyak bisa memperburuk gejala pada penderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Teh mint juga sebenarnya aman dikonsumsi ibu hamil. Namun, jangan sampai berlebihan, terutama jika mengonsumsinya di awal-awal kehamilan. Sebab, menurut pembaruan penelitian yang diterbitkan Medeniyet Medical Journal, itu diyakini dapat merangsang menstruasi.

Teh mint yang dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama jenis spearmint juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal atau hari.

Oleh karena itu, tetap harus bijak mengonsumsinya. Jangan terlalu berlebihan. Poin plusnya, teh mint secara alami bebas kafein sehingga bisa dinikmati kapan saja. Jika merasa tubuhmu butuh minuman ini di siang hari, kamu bisa langsung menyeduh secangkir.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com