Lantai vinyl punya banyak jenis. Sebelum kamu memasang lantai vinyl, ada baiknya lebih baik mengenal jenis lantai vinyl berikut. Agar tidak terjadi kejadian salah pasang.

Kamu juga harus mempersiapkan anggaran sesuai harga jenis vinyl yang akan kamu pasang.

Pengertian dan Jenis Lantai Vinyl
Melansir dari Mitraruma, Selasa (24/10/2023), berikut jenis lantai vinyl yang kamu perlu tahu beserta harganya.

Apa itu Lantai Vinyl?

Lantai vinyl adalah jenis permukaan lantai berbentuk sintetis sebagai alternatif dari lantai keramik, granit, maupun marmer. Jenis permukaan lantai ini memiliki ciri khasnya tersendiri, yaitu punya motif kayu dengan harga yang terjangkau.

Karena inilah vinyl juga cocok buat kamu yang mau punya lantai kayu di rumah, tetapi memiliki keterbatasan budget.

Lantai Vinyl Plank

Salah satu jenis lantai vinyl yang paling populer adalah vinyl plank. Lantai jenis ini berbahan dasar PVC tebal 2 sampai 3 mm ini memiliki motif serat kayu yang hampir mirip dengan kayu asli dan tidak memiliki permukaan yang licin (embossed).

Namun, ada satu jenis vinyl plank lain yang juga disukai, yaitu non-embossed, karena kamu dapat membersihkannya dengan lebih praktis.

Lantai Vinyl Tile

Jenis kedua adalah lantai vinyl tile yang punya ukuran dan teksturnya menyerupai ubin keramik. Maka dari itu, jenis vinyl ini lebih kuat dan awet karena permukaannya keras.

Keunggulan lainnya dari lantai vinyl tile adalah pilihan motif dan warnanya yang beragam, sehingga kamu akan menemukan vinyl bermotif serat kayu atau bahkan batu alami. Karena itu, kamu dapat menggabungkan potongan yang berbeda untuk menciptakan desain interior yang lebih unik.

Lantai Vinyl Roll

Jenis lantai vinyl ini terkenal cukup praktis untuk disimpan. Sebab, lantai vinyl ini dapat digulung menjadi gulungan karpet yang tipis.

Jadi, kamu dapat memasangnya sebagai dekorasi sementara untuk acara tertentu, dan permukaannya tidak akan tampak pecah walaupun sempat digulung. Karena hal itu juga, harga lantai vinyl per meter untuk tipe roll relatif murah jika dibandingkan dengan jenis yang lain.

Lantai Vinyl Click

Terakhir, ada lantai vinyl berjenis click yang akan mempermudah kamu dalam proses pemasangannya. Berbeda dari tipe sebelumnya, lantai vinyl click sudah dilengkapi dengan pengait tanpa lem.

Sesuai dengan namanya, potongan vinyl click akan menghasilkan bunyi “klik” ketika relnya saling terhubung, dan hasil akhirnya juga tampak lebih menyatu. Selain itu, jenis vinyl ini juga lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak akan mudah digerogoti rayap.

Daftar Harga Lantai Vinyl per Meter
Setelah mengetahui berbagai jenis lantai vinyl, mungkin saja hal berikutnya yang ingin kamu ketahui adalah harga belinya. Umumnya, lantai vinyl dijual dalam satuan per boks, per roll, atau per meter tergantung dari jenisnya.

Untuk mempermudah penghitungan kamu berdasarkan luas ruangan yang telah diukur, berikut adalah tabel harga lantai vinyl per meter dari berbagai merek.

Merk vinyl lantai: Woosung
Jenis vinyl: Tile

Luas per pcs: 3,31 m2

Harga per m2: Rp 648.000,00

Merk vinyl lantai: Daeji
Jenis vinyl: Plank

Luas per pcs: 3,32 m2

Harga per m2: Rp 594.000,00

Merk vinyl lantai: Luxury
Jenis vinyl: Plank

Luas per pcs: 4,88 m2

Harga per m2: Rp 552.000,00

Merk vinyl lantai: Be Strong
Jenis vinyl: Roll

Luas per pcs: 40 m2

Harga per m2: Rp 3.000.000,00 – Rp 4.000.000,00

Merk vinyl lantai: Golden Crown
Jenis vinyl: Tile

Luas per pcs: 0,3 x 15 x 90 cm

Harga per m2: Rp 210.000,00

Merk vinyl lantai: Marvel
Jenis vinyl: Click

Luas per pcs: 2.196 m2

Harga per m2: Rp 473.000,00

Merk vinyl lantai: Hachiko
Jenis vinyl: Tile

Luas per pcs: 3 x 152,4 x 914.4 mm

Harga per m2: Rp 160.000,00

Merk vinyl lantai: Home Deco
Jenis vinyl: Tile

Luas per pcs: 3 x 152,4 x 914.4 mm

Harga per m2: Rp 130.000,00

Merk vinyl lantai: Luxor
Jenis vinyl: Click

Luas per pcs: 18 x 22 cm

Harga per m2: Rp 525.000,00

Editor: PARNA

Sumber: detik.com