Sutil kayu merupakan salah satu alat dapur yang sering digunakan. Agar tetap bisa digunakan dengan baik, tentunya sutil kayu harus dibersihkan.

Beberapa alasan sutil kayu banyak digunakan yaitu tahan suhu tinggi, terbuat dari bahan alami, dan tidak menimbulkan reaksi pada makanan yang asam, tidak seperti sutil yang terbuat dari tembaga dan aluminium. Ditambah lagi, sutil kayu tidak akan membuat panci maupun teflon baret.

Sutil kayu dapat menyerap segala jenis minyak dan bau, bahkan bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman. Maka dari itu, penting untuk konsisten membersihkan sutil kayu agar tahan lama. Pastikan juga bersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada sutil kayu setiap selesai dipakai.

Dilansir dari The Spruce, Senin (16/10/2023) berikut ini merupakan cara membersihkan sutil kayu.

Cara Membersihkan Sutil Kayu

1. Cuci Sutil Kayu dengan Sabun Lembut

Sutil kayu memang praktis, namun juga rawan retak dan noda. Oleh karena itu, penting untuk mencuci sutil kayu dengan sabun lembut, air hangat, dan spons non-abrasif setelah digunakan.

2. Bilas dan Keringkan

Setelah membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada Sutil kayu dan mencucinya dengan sabun. Bilas sabun tersebut dengan air mengalir. Selanjutnya lap sutil kayu dengan lap microfiber lalu diamkan hingga kering sebelum digunakan kembali.

Sebagai tambahan informasi, dikutip dari Ideal Home, saat mengeringkan sutil kayu, hindari menaruhnya pada tempat yang terkena sinar matahari langsung atau dekat dengan sumber panas. Hal itu karena dapat membuat sutil kayu melengkung dan retak.

Cara Agar Sutil Kayu Bersih Lebih Lama

– Jangan biarkan sutil kayu kotor dalam waktu lama. Jika sudah selesai digunakan tetapi belum bisa membersihkannya, biarkan sutil kayu terendam dalam air hangat. Jangan biarkan sutil kotor lebih dari 30 menit.

– Gosok sutil kayu dengan minyak mineral yang aman untuk makanan dari waktu ke waktu. Hal itu supaya sutil kayu lebih tahan lama dan tidak mudah retak. Pastikan minyaknya aman untuk makanan dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum menggunakan sutil kayu untuk memasak.

– Hindari memasukkan sutil kayu ke dalam mesin pencuci piring. Panas tinggi dan bahan kimia keras dapat membuat tekstur sutil menjadi kasar, mengubah warna, hingga membuatnya kering.

Sebagai tambahan, sebaiknya taruh sutil kayu dengan posisi berdiri untuk meminimalisir kotoran dari permukaan lainnya.

“Menempatkan sutil kayu dalam posisi tegak daripada datar akan meningkatkan aliran udara dan mencegah kayu mengembang dan retak,” kata CEO dan pendiri perusahaan pembersih Daily Poppins, Nigel Bearman dikutip dari Ideal Home.

Itulah cara membersihkan sutil kayu supaya tahan lama. Semoga bermanfaat!

Editor: PARNA

Sumber: detikcom