Ilustrasi

Beberapa bahan makanan dijual di pasaran dengan harga mahal. Namun, jangan salah, kualitas bahan mahal ini sebenarnya sepadan dengan harganya!

Faktor sebuah masakan enak tidak hanya dari teknik memasak, tetapi juga dari bahan-bahan yang dipakai. Jika bahan yang dipakai berkualitas dan segar, makanan pun terasa sedap.

Sayangnya. banyak orang masih ragu untuk membeli bahan-bahan masakan mahal. Mereka tidak ragu mencari alternatif bahan masakan yang lebih murah.

Padahal, sejumlah bahan-bahan masakan yang dijual dengan harga mahal ini tidak akan merugikanmu. Harganya memang mahal, tetapi sepadan dengan kualitasnya. Bahkan, memang layak dijual dengan harga premium.

Berikut 5 bahan makanan mahal yang sepadan dengan harganya, seperti dilansir dari lovefood.com (23/04).

1. Teh

Ini Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya KhasiatTeh yang dijual mahal sebenarnya sepadan dengan kualitas dan rasanya. Foto: iStock

Berbagai variasi teh dari negara berbeda bisa ditemui di pasaran. Sebagian teh dijual dengan harga murah, tetapi banyak juga yang harganya mahal.

Jika tertarik dengan teh mahal, kamu tidak perlu ragu untuk membelinya. Komite Teh Internasional memperkirakan, lebih dari lima miliar cangkir teh diseduh setiap hari, tetapi mengapa daun dan rasa yang dihasilkan sangat berbeda?

Misalnya seperti teh hitam. Meskipun semua teh hitam berasal dari camellia sinensis, cara daunnya diproses dan disimpan berbeda-beda. Proses tersebut lah yang akan memengaruhi rasa dan kualitas.

Terlebih, menurut lovefood ada bukti yang menunjukkan bahwa teh murah terkadang mengandung fluoride dalam kadar yang tidak sehat. Konsumsinya dapat berdampak negatif pada gigi dan tulang.

2. Lemon

manfaat lemon dan jeruk nipisKualitas jeruk lemon juga bisa ditentukan dari harganya. Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang berpikir lemon dari mana saja tetaplah hanya lemon. Padahal, rasa dan kualitas lemon bisa berbeda-beda.

Misalnya kamu membeli lemon dari supermarket. Lemon ini belum tentu kualitasnya terjamin. Menurut laporan lovefood, sebagian besar lemon yang dijual di supermarket telah diberi lapisan tipis lilin, untuk menjaga kulit lemon terlihat baik.

Lebih baik kamu mengeluarkan uang lebih untuk buah yang utuh dan asli. Selain air lemonnya berkualitas, lemon premium juga punya kulit aromatik yang bisa dibuat menjadi manisan potongan lemon.

Kulitnya tinggal disimpan dalam garam dan menjadi tambahan yang enak pada hidangan manis dan gurih.

3. Tepung

Tepung terigu dan butter untuk membuat kue keringTepung terigu berkualitas juga biasanya punya harga yang lebih mahal, tetapi itu sepadan. Foto: iStock

Meskipun sekantong tepung terlihat biasa saja, tetapi bagi chef ataupun baker profesional, tepung punya kualitas yang berbeda-beda. Mereka memiliki preferensi tersendiri untuk menentukan tepung mana yang mampu menghasilkan makanan enak.

Mesin penggiling yang menggiling biji-bijian bahan dasar tepung adalah salah satu faktor penentu.

Tepung segar dan premium akan lebih bergizi dibandingkan tepung yang diproduksi massal. Tepung juga terbilang bagus kualitasnya jika menghasilkan butiran yang lebih halus dan ringan.

Kamu juga bisa melihat ciri-ciri fisik lain, seperti sedikit berwarna cream atau berwarna putih. Pastikan juga tepung tidak bau apek dan berkutu.

4. Strawberry

Harga strawberry juga memengaruhi kualitasnya. Environmental Working Group, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat menyoroti standar pangan dalam pertanian.

Menempatkan buah beri berkulit tipis ini di urutan teratas sebagai buah yang paling banyak terkontaminasi pestisida.

Memang tidak semua kebun terkontaminasi insektisida, tetapi strawberry impor yang dipanen di luar musim dianggap paling berisiko. Strawberry ini biasanya dijual dengan harga tidak begitu mahal.

Oleh karena itu, lebih baik membeli strawberry yang mahal sekalian tetapi kualitasnya terjamin.

5. Kopi

Kopi Tanpa Biji Kopi Diprediksi Bakal Jadi Tren di Masa DepanKopi juga menjadi makanan yang kualitasnya bisa ditentukan dari harga. Foto: Getty Images/Chattrawit phonsan

Kopi memang telah menjadi bagian keseharian banyak orang. Namun, jangan sampai kamu mengonsumsi kopi yang kualitasnya buruk, Beralih ke biji kopi murah hanya akan menimbulkan rasa kecewa.

Biji kopi seperti robusta memang lebih murah dan mudah ditanam dibandingkan Arabika. Namun, biji kopi robusta juga memiliki profil rasa berbeda. Cita rasanya dikenal pahit.

Sedangkan Arabika memang lebih mahal, tetapi cita rasa dan kualitasnya terkenal lebih bagus. Memiliki cita rasa, seperti cokelat, kacang, beri, dan buah-buahan, Kandungan gulanya juga dua kali lebih banyak.

Karenanya membayar mahal minuman yang dikonsumsi setiap hari adalah pilihan yang lebih baik. Sebab kualitasnya memang lebih jempolan.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom