Filipina meliburkan seluruh sekolah negeri tersebut selama dua hari pada Senin (29/4) dan Selasa (30/4) imbas cuaca panas yang semakin ekstrem. (AFP/ARNOLD ALMACEN)

Filipina meliburkan seluruh sekolah negeri selama dua hari pada Senin (29/4) dan Selasa (30/4) imbas cuaca panas yang semakin ekstrem dalam beberapa pekan terakhir.

Selain karena cuaca ekstrem, Kementerian Pendidikan Filipina menuturkan demonstrasi transportasi nasional, terutama pengemudi bus kecil yang kerap disebut jeepney juga menjadi alasan meliburkan belajar mengajar tatap muka di kelas.

Perkiraan indeks cuaca panas terbaru… dan pengumuman demo transportasi nasional, semua sekolah negeri di seluruh negeri akan menerapkan kelas pembelajaran jarak jauh pada tanggal 29 dan 30 April 2024,” kata kementerian melalui Facebook seperti dikutip AFP.

Cuaca panas ekstrem terus melanda Asia Tenggara, termasuk Filipina.

Selain Aparri, Kota Dagupan dan Tuguegarago juga akan mencapai suhu hingga 46 derajat celsius.

Dikutip The Inquirer, selain ketiga wilayah tersebut, biro cuaca negara bagian mengatakan 37 wilayah lainnya kemungkinan akan mencapai suhu panas 42 hingga 51 celsius yang termasuk dalam kategori “berbahaya”.

Sementara wilayah lainnya, termasuk Manila, diperkirakan bakal mencapai suhu maksimal 45 derajat celsius.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com