Usai selesaikan dua debat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan lanjut menggelar debat pilpres ketiga. Debat ketiga ini akan diselenggarakan awal Januari 2024 mendatang.

Diketahui berdasarkan jadwal, debat ketiga yang akan diikuti capres akan digelar pada 7 Januari 2024. Debat ketiga tersebut mengangkat tema debat ketiga ialah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Untuk diketahui debat Pilpres 2024 sendiri akan berlangsung sebanyak 5 kali. Rincian jadwal debat sendiri berlangsung sebanyak dua kali di bulan Desember 2023, dua kali di bulan Januari 2023, dan satu kali di bulan Februari 2024.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan pihaknya akan mulai mematangkan lokasi hingga format debat ketiga.Terkait lokasi hingga moderator nantinya akan dibicarakan usai KPU melakukan evaluasi dari debat ke dua atau debat cawapres.

“Untuk debat yang ketiga nanti kan debat calon presiden dan sudah ditentukan grup televisi yang akan menjadi TV penyelenggara,” kata Hasyim Asy’ari, Jumat (22/12/2023).

“Nanti akan pembicaraan lanjutan dari masing-masing televisi penyelenggara tentang tempatnya di mana dan seterusnya. Nanti akan kita bicarakan setelah dilakukan evaluasi debat kedua, debat cawapres,” sambung Hasyim.

Sementara itu, format debat enam segmen juga akan kembali diterapkan pada debat ketiga. Hal ini kata Hasyi, lantaran durasi waktu debat merupakan kesepakatan sejak debat pertama.

“Kalau soal format, ada enam segmen sebagaimana yang sudah kita saksikan di debat pertama maupun di debat kedua. Nampaknya akan kita pertahankan karena sejak awal memang sudah disepakati demikian termasuk durasi waktunya,” jelasnya.

Hasyim juga mengatakan KPU akan mengevaluasi terkait disediakannya podium hingga diperbolehkannya membawa catatan bagi pasangan calon. Meski begitu, menurutnya, di debat berikutnya, kemungkinan pihaknya akan kembali menyediakan podium.

“Ini kita lihat lagi ya, maksud saya nanti apa evaluasinya. Tapi yang sudah disepakati bahwa setiap kali debat, sejak debat yang kedua dan terakhir nanti tetap disiapkan panggung, disiapkan podium, dan kemudian diperbolehkan bawa alat tulis,” paparnya.

Untuk informasi, berikut rincian tema debat dalam rangkaian Pilpres 2024:

Debat pertama (Capres): 12 Desember 2023
Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga

Debat kedua (Cawapres: 22 Desember 2023
Tema: Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan

Debat ketiga (Capres): 7 Januari 2023
Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik

Debat keempat (Cawapres): 21 Januari 2023
Tema: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa

Debat kelima (Capres): 4 Februari 2023
Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Editor: PARNA

Sumber:detik.com