Pertanyaan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka soal SGIE atau State of the Global Islamic Economy dalam debat cawapres perdana Pemilu 2024 disorot capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Ganjar dan Cak Imin menilai harusnya ejaan Gibran soal SGIE menggunakan ejaan bahasa Inggris.

Soal SGIE ini muncul saat sesi tanya jawab debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (22/12). Hal ini ditanyakan Gibran Rakabuming Raka kepada Cak Imin.

Mulanya, Gibran mengaku yakin Cak Imin akan sangat mengerti mengenai permasalahan yang akan ditanyakan. Gibran lalu bertanya ke Cak Imin soal upaya menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

“Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?” tanya Gibran dalam arena debat cawapres.

Pada saat itu, Cak Imin sempat mengaku tidak tahu.

“Terus terang SGIE saya nggak paham, SGIE itu apa?” yang kembali bertanya ke Gibran.

Setelahnya, Gibran menjelaskan soal SGIE. Cak Imin pun kemudian menjawab pertanyaan Gibran dengan menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi solusi menaikkan SGIE di Indonesia. Namun dia hanya sempat menyebut satu poin saja sampai waktu habis.

Cak Imin Soroti Ejaan SGIE

Pada Sabtu (23/12), Cak Imin kembali merespons pertanyaan soal SGIE yang dilontarkan Gibran kepadanya. Cak Imin mengatakan seharusnya Gibran menanyakannya dengan ejaan bahasa Inggris, bukan memakai ejaan bahasa Indonesia.

“Wong dia nanya, ternyata harus berbahasa Inggris diomongkan bahasa Indonesia. Ya kita nggak paham,” kata Cak Imin usai acara AMIN Preuneur di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (23/12).

Dalam debat kemarin, singkatan SGIE diucapkan Gibran menggunakan ejaan bahasa Indonesia dengan ‘Es Ge I E’, bukan ejaan bahasa Inggris dengan ‘Es Ji Ai I’.

Cak Imin juga menilai langkahnya menanyakan kembali maksud pertanyaan Gibran sudah tepat. Menurutnya, tindakannya itu merupakan hal yang wajar.

“Ya biasa. Namanya tanya itu kan ada yang kita tahu, ada yang harus tanya dulu,” ungkap Cak Imin.

Dalam akun X, Cak Imin juga nampak membalas warganet yang menyebut namanya soal singkatan SGIE. Cak Imin membalasnya dengan menyebut ‘Es Ji Ai I’

“Es Ji Ai I,” tulis Cak Imin.

Ganjar Juga Soroti Ejaan Gibran

Ganjar juga menyoroti pertanyaan Gibran ke Cak Imin soal SGIE itu. Ganjar mengatakan seharusnya Gibran menggunakan ejaan bahasa Inggris agar Cak Imin memahami maksud pertanyaan itu.

“Sebenarnya nggak apa-apa, tapi lebih bagus lagi hal yang substantif disampaikan. Kalau itu SGIE kalau mungkin membacanya pakai bahasa Inggris karena itu singkatan bahasa Inggris, Es Ji Ai I (ejaan Inggris) umpama gitu kan, orang akan mikir apa ya,” kata Ganjar kepada di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12).

Ganjar mengatakan strategi debat Gibran yang demikian juga pernah dilakukan di debat capres-cawapres periode sebelumnya.

“Tapi dalam teknik debat, debat presiden sebelumnya juga pernah terjadi seperti itu he-he-he,” imbuhnya.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom