Gambar buah semangka kini tengah berseliweran di media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina yang masih digempur Israel. Buah yang satu ini rupanya punya banyak manfaat tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan.

Semangka dijuluki sebagai summer fruit atau buah musim panas. Melansir Good Housekeeping, semangka mengandung banyak serat, magnesium, potassium, vitamin A, bahkan antioksidan.

Selain itu, semangka juga mengandung lebih sedikit gula dan lemak jenuh.

Semua hal tersebut tentu baik untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat semangka, untuk kesehatan hingga kecantikan:

1. Membantu tetap terhidrasi
Semangka mengandung banyak air. Kandungan airnya bahkan hampir 90 persen. Memakan semangka bisa jadi salah satu cara untuk memenuhi cairan tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata
Selain kandungan air yang tinggi, semangka juga kaya akan nutrisi. Buah ini jadi sumber vitamin A dan C yang baik. Bahkan likopen dan lutein serta zeaxanthin juga terkandung di buah ini.

Oleh karena itu, semangka jadi buah yang bagus untuk kesehatan mata dan membantu mencegah gangguan penglihatan seiring bertambahnya usia.

3. Menjaga imunitas
Kandungan vitamin dan mineral dalam semangka termasuk di dalamnya vitamin A dan C bagus untuk tubuh. Bahkan kandungan asam amino dan L-citrulline dalam buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan imunitas.

4. Bagus untuk kulit
Air, vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit tetap lembut, halus, dan kenyal. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang bisa meningkatkan elastisitas kulit.

Sementara itu, vitamin A membantu memperbaiki sel-sel kulit, mencegah kulit kering dan bersisik. Sedangkan vitamin B6 membantu mengatasi jerawat.

Jadi, secara keseluruhan semangka sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Eksfoliator alami
Semangka kaya akan vitamin C, hal ini secara langsung bisa menambah kilau alami pada kulit. Menukil My Glamm, partikel kasar yang ada dalam buah ini membantu mengelupas kulit dengan lembut dan langsung menghidrasinya.

Buah ini bahkan bisa jadi masker. Caranya dengan mengoleskan satu sendok semangka yang sudah ditumbuk ke kulit. Cara ini diyakini ampuh menghilangkan sel kulit mati.

6. Anti penuaan
Semangka mengandung banyak antioksidan dan vitamin yang bisa membuat kulit lebih sehat. Antioksidan membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan elastisitas.

Semua hal ini bisa mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Membuat kulit terlihat jauh lebih kencang dan sehat.

7. Mengontrol minyak berlebih
Vitamin A pada semangka bermanfaat bagi kelenjar sebaceous dan membantu menyeimbangkan produksi minyak. Dengan begitu, kulit tampak tidak terlalu berminyak dan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Itulah sejumlah manfaat semangka, buah yang jadi simbol perlawanan Palestina terhadap gempuran Israel.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com