Ilustrasi diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska)

Proses penurunan berat badan mungkin tidak akan mudah untuk sebagian orang. Perjalanan menuju berat badan idaman memerlukan kerja keras dan disiplin yang kuat.

Namun, dalam beberapa kasus berat badan malah ‘stuck’ sehingga tidak bisa turun lagi. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari VeryWellFit:

1. Motivasi yang Kurang Tepat
Melakukan kebiasaan sehat untuk menurunkan berat badan atau berpenampilan tertentu akan sulit menurunkan berat badan secara permanen. Menurunkan berat badan adalah tujuan bagus, tapi menemukan hal lain dalam memotivasi proses penurunan berat badan juga penting.

Dibutuhkan waktu yang panjang untuk menurunkan berat badan, hal tersebut membuat motivasi diri sepanjang perjalanan sangat diperlukan. Ingatkan diri pada semua manfaat olahraga termasuk meningkatkan energi, suasana hati lebih baik, dan kualitas tidur lebih baik.

2. Olahraga Tidak Konsisten
Tidak cukup berolahraga secara konsisten dapat mempersulit proses penurunan berat badan. Mengandalkan diet saja untuk menurunkan berat badan mungkin akan tetap terjadi, namun kemungkinan untuk mencapai titik stabil di masa depan akan sulit diraih.
Cobalah atur jadwal untuk berolahraga dan lakukan jadwal tersebut setiap hari. Hal ini penting untuk menemukan sesuatu yang disukai dan terus dilakukan dalam jangka panjang.

3. Cara Makan Salah
Salah dalam cara makan dan memilih menu selama melakukan diet bisa menjadi salah satu penyebab seseorang susah dalam menurunkan berat badan. Ubahlah menu dan cara makan dengan lebih sehat dan lakukan hal tersebut secara rutin.

Beberapa cara yang bisa diterapkan selama proses penurunan berat badan adalah membuat jurnal makanan, memperhatikan label kemasan makanan, mempersiapkan makanan sendiri, memahami porsi secara tepat, hindari junk food, hingga makan secara lebih mindful dan perlahan.

Selain membantu proses penurunan berat badan, metode ini penting untuk membangun kebiasaan makan yang lebih baik untuk membuat tubuh lebih sehat dan berat badan ideal lebih konsisten nantinya.

4. Masih Memiliki Gaya Hidup Buruk
Selain pola makan dan olahraga, kebiasaan atau gaya hidup yang dilakukan sehari-hari juga ikut menentukan proses penurunan berat. Kesibukan kerap dijadikan ‘alasan’ untuk hidup tidak sehat. Salah satu cara yang mungkin dilakukan misalnya bangun lebih pagi untuk menyiapkan makanan atau berolahraga.

Selain itu, bagaimana cara untuk menghabiskan waktu kosong juga penting untuk diperhatikan. Batasi seberapa lama duduk di depan TV atau komputer. Sempatkan waktu untuk tetap bergerak dan aktif sepanjang hari.

5. Lingkungan Buruk dan Kurang Dukungan
Terkadang ada beberapa hal yang sulit dikendalikan seperti lingkungan yang kurang baik untuk menjalankan proses penurunan berat badan. Misalnya seperti tempat kerja dikelilingi penjual makanan atau teman kerja sering membawakan makanan tidak sehat.

Walaupun lingkungan luar sulit dikendalikan, pastikan lingkungan di dalam rumah ‘mendukung’ untuk mendorong diri melakukan pilihan-pilihan sehat. Misalnya seperti meletakkan alat olahraga di rumah atau hanya menyimpan makanan-makanan sehat di dapur.

Selain itu, memiliki sistem pendukung dari keluarga, teman, dan orang tercinta bisa juga sangat berpengaruh. Cobalah kelilingi diri dengan orang-orang yang memberikan dukungan selama proses menurunkan berat badan.

Memiliki teman untuk berolahraga juga bisa dijadikan salah satu cara baik untuk mendapatkan dukungan lingkungan yang baik.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com