Menentukan warna cat kamar tidur ternyata diperlukan. Sebab, ada beberapa warna yang bisa membuat kamar tidur terasa lebih nyaman untuk beristirahat.

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang paling privat bagi penghuni rumah. Biasanya, ruangan ini digunakan untuk beristirahat.

Memang, terkadang penghuni rumah ingin menggunakan warna favoritnya di kamar tidur. Akan tetapi, jika warna favorit kamu merupakan warna cerah atau yang ‘berani’, lebih baik warna tersebut digunakan di ruangan lainnya. Warna netral atau hijau lebih disarankan sebagai warna cat kamar tidur karena memberikan efek yang menenangkan.

“Warna di kamar tidur harus yang menenangkan, dan warna yang kamu masukkan ke dalam skema akan memainkan peran besar dalam hal ini,” kata UK Director di Benjamin Moore, Helen Shaw, dikutip dari Homes & Gardens, Senin (16/10/2023).

“Sebelum memutuskan warna yang digunakan, pertimbangkan fakta-fakta dasar ini; warna ‘hangat’ memberikan energi, warna ‘dingin’ menciptakan suasana yang lebih tenang, warna yang tidak terlalu pekat menciptakan lingkungan yang nyaman, sementara nuansa pucat memancarkan kesan lapang,” ungkapnya.

Nah, salah satu warna terbaik untuk kamar tidur adalah hijau kebumian atau earthy green. Warna ini dinilai cocok untuk nuansa menenangkan di kamar tidur.

“Pilihan warna tergantung pada pilihan kamu sendiri, tetapi hijau misalnya, yang saat ini menjadi pilihan populer, membantu menghubungkan kamu dengan alam, menenangkan sekaligus memberikan energi,” katanya.

Sementara itu, Direktur Little Greene, Ruth Mottershead menuturkan, warna hijau merupakan tempat untuk menemukan ketenangan.

“Warna hijau seperti ‘Aguamarine’ dan ‘Ambleside’ merupakan warna yang lembut dan menenangkan sembari membangkitkan lingkungan sekitar,” tuturnya.

Jika kamu tidak ingin menggunakan warna hijau pada cat dinding, pertimbangkan gunakan warna hijau pada dekorasi lainnya atau bahkan melalui tanaman.

Selain warna hijau, warna biru juga cocok untuk digunakan di kamar tidur. Warna biru bisa memberikan efek yang menenangkan jika dipasangkan dengan warna hijau. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa warna biru dan hijau bisa memberikan efek menenangkan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kepanikan. Jika menggunakan shade warna yang lebih lembut, warna hijau dan biru ini dapat memberikan efek yang positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com