Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 berjalan penuh drama. (AFP/JAVIER SORIANO)

Jorge Martin menang Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 dalam balapan yang penuh drama dan banyak pembalap jatuh saat memperebutkan posisi podium di Sirkuit Jerez, Sabtu (27/4).

Brad Binder yang memulai balapan dari posisi keempat berhasil memimpin balapan di tikungan pertama atas Jorge Martin dan Marc Marquez. Di pertengahan lap pertama, Martin berhasil menyalip Binder.

Duel sengit terjadi antara Binder dan Marquez di lap kedua. Kedua pembalap bersenggolan di tikungan terakhir, kemudian Alex Marquez memanfaatkan insiden itu untuk naik ke posisi kedua. Tapi, Marquez sukses kembali ke posisi kedua dengan melewati Alex di trek lurus.

Drama kemudian terjadi di tikungan pertama lap ketiga. Francesco Bagnaia yang sedang berada bersaing dengan Marco Bezzecchi dan Binder untuk memperebutkan posisi keempat, terjatuh di tikungan pertama setelah terhimpit Bezzecchi dan Binder.

Memasuki lap keenam Martin masih terus memimpin balapan atas Marquez hingga 0,9 detik. Tapi, The Baby Alien sukses meraih catatan waktu tercepat di lap keenam untuk memperkecil jarak menjadi hanya 0,4 detik.

Marquez kemudian menyalip Martin di lap ketujuh. Sebuah manuver yang membuat puluhan ribu penonton di Sirkuit Jerez bersorak. Di lap delapan Marquez sudah unggul 0,3 detik atas Martin.

Drama lebih besar terjadi di lap kesembilan. Bermula dari Binder, Enea Bastianini, dan Alex Marquez terjatuh di tikungan lima. Ketiga pembalap itu sedang memperebutkan posisi ketiga.

Tidak lama kemudian Marc Marquez yang sedang memimpin balapan kemudian terjatuh di tikungan sembilan. Kondisi itu membuat Martin memimpin balapan atas Pedro Acosta dan Maverick Vinales. Tapi, Vinales kehilangan posisi ketiga setelah terjatuh di tikungan lima lap 10.

Martin akhirnya memastikan kemenangan di Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 dengan mengalahkan Acosta dan Fabio Quartararo. Hasil finis ketiga sangat luar biasa bagi Quartararo, pasalnya pembalap Yamaha itu start dari posisi ke-23.

Marquez bisa melanjutkan balapan dan finis posisi tujuh. Pembalap wildcard KTM yang juga legenda MotoGP, Dani Pedrosa, finis posisi keempat.

Hasil Sprint Race MotoGP Spanyol 2024
1. J. Martin 19 menit 52,682 detik
2. P. Acosta +2.970 detik
3. F. Quartararo +7.052 detik
4. D. Pedrosa +7.102 detik
5. F. Morbidelli +8.481 detik
6. R. Fernandez +15.882 detik
7. M. Marquez +18.131 detik
8. A. Fernandez +18.278 detik
9. M. Oliveira +18.418 detik
10. J. Mir +18.553 detik

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com