Tidak semua makanan yang Anda konsumsi mengandung gula dalam kadar ‘aman’. Ada beberapa makanan yang diam-diam tinggi kandungan gula.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini tak menyarankan pemanis buatan atau gula alternatif dalam diet harian. Padahal sebelumnya, gula alternatif digadang-gadang sebagai pilihan lebih sehat daripada gula biasa. Namun nyatanya, pemanis buatan punya dampak buruk dalam jangka panjang.

Anda mungkin sudah mulai mengurangi konsumsi gula dengan menyetop makanan atau minuman yang tinggi gula tambahan. Namun, ada sederet makanan yang terlihat aman tapi diam-diam tinggi gula. Apa saja?

1. Yogurt dengan perisa tertentu
Yogurt sangat baik untuk sistem pencernaan karena kandungan probiotiknya. Ada juga kandungan kalsium, potasium, dan magnesium yang menyehatkan.

Hanya saja, Anda harus benar-benar memilih yogurt tawar atau yogurt tanpa pemanis tambahan. Yogurt dengan perisa tertentu misal rasa buah biasanya tinggi akan gula tambahan.

2. Saus tomat
Tanpa sadar, saus tomat tinggi akan kandungan gula tambahan meski rasanya tidak terlalu manis.

“Menambahkan satu sendok makan saus tomat pada burger bisa [seperti] menambah satu sendok teh gula tambahan,” kata ahli diet Karen Ansel, seperti dilaporkan Live Strong.

3. Saus barbeku
Saus barbeku biasanya jadi andalan saat mengolah daging sapi atau olahan serba panggang. Namun sebaiknya, mulai batasi konsumsi saus barbeku karena mengandung gula tambahan cukup banyak.

“Satu sendok makan saus barbeku akan memberikan tambahan 1,5 sendok teh gula,” kata Ansel.

4. Saus pasta
Rasanya memang sama sekali tidak manis, tapi saus pasta mengandung 6-12 gram gula per 60 gram sajian. Sebaiknya cek kemasan dan lihat kandungan gula pada saus yang dibeli.

5. Oatmeal instan
Oatmeal memang menyehatkan, tetapi tidak dengan oatmeal instan. Seperti dikutip dari WebMD, oatmeal instan di pasaran kebanyakan mengandung tinggi gula tambahan.

Sebaiknya pilih oatmeal tawar sehingga bahan tambahan lain lebih terkontrol seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

6. Selai
Saat makan roti, oleskan selai secukupnya. Rasa manis pada selai, selain didapat dari buah-buahan, tetapi juga gula tambahan.

Anda sebenarnya bisa menggunakan buah asli untuk isian roti ketimbang selai. Di samping itu, avocado toast buat sarapan adalah menu terbaik untuk memulai hari.

7. Buah kering
Buah merupakan salah satu camilan sehat yang direkomendasikan. Namun saat sudah jadi buah kering, Anda perlu berpikir dua kali sebelum menjadikannya camilan harian.

Seperti dikutip dari Good Housekeeping, buah kering kadang mengandung gula tambahan. Jika memungkinkan, cari buah kering tanpa gula tambahan.

8. Susu nabati
Susu almond, susu gandum, dan susu-susu berbahan dasar tumbuhan lain tersedia sebagai alternatif susu sapi. Anda patut mengecek kemasan susu sebab susu nabati kadang mengandung gula tambahan cukup tinggi.

9. Kombucha
Proses pembuatan kombucha memang memerlukan gula. Hanya saja, ada sebagian produsen kombucha yang menggunakan terlalu banyak gula.

Anda disarankan untuk membeli kombucha dengan kandungan gula kurang dari 10 gram.

Demikian beberapa makanan yang diam-diam ternyata tinggi gula. Selalu cek label nutrisi dalam kemasan sebelum mengonsumsinya.

Editor:PARNA

Sumber: cnnindonesia.com