Peringatan Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1444 Hijriah yang jatuh pada Minggu (31/7/2022) nanti akan diperingati Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan berbagai kegiatan.

Mengusung tema “Tahun Baru 1444 H Momentum Penguatan Keimanan, Persatuan, dan Kesatuan Bangsa Bangkit Negeriku Berkah Negeriku”, Pemprov Kepri akan menggelar Pawai Muharam yang diisi dengan penampilan mobil hias, marawis, drum band, marching band.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri Hasan mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk menyaksikan Pawai Muharram yang akan dipusatkan di tepi laut Tanjungpinang.

Tidak hanya diisi dengan Pawai Muharam, di hari yang sama Pemprov Kepri juga menggelar Tablig Akbar di Gedung Daerah dengan mengundang penceramah Dr. Ali Mochtar Ngabalin dari Jakarta.

“Sudah dua tahun tidak bisa laksanakan karena pandemi, tahun ini kita gelar lagi Pawai Muharam,  masyarakat harus ikut meramaikan peringatan Tahun Baru Islam kali ink,” kata Hasan, Kamis (28/7/2022).

Pemprov Kepri, kata Hasan, jauh-jauh hari sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk Pawai Muharam ini. Termasuk saat Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara dan Ketua BKMT Kepri Hj. Dewi Kumalasari memimpin langsung persiapan Pemprov Kepri menyambut 1 Muharam 1444 H.

Dalam kegiatan ini Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kepri juga berencana membekali barisan dengan slogan-slogan, bendera, tulisan asmaul husna, pesan-pesan moral yang isinya mengajak masyarakat Kepri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Adapun rute Pawai Muharram akan dimulai dari Kantor Lama Walikota Tanjungpinang dan berakhir di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Hasan menambahkan, masyarakat yang tidak bisa menyaksikan langsung Pawai Muharam tidak perlu khawatir karena akan disiarkan langsung secara live streaming melalui kanal YouTube Diskominfo Kepri dan juga media sosial Diskominfo Kepri.

Editor: HER