Seporsi nasi lengkap dengan sayur dan lauk sudah tandas. Bukan merasa segar dan berenergi, Anda malah merasa mengantuk dan lemas. Apa ini normal?

Menurut ahli gizi olahraga Robbie Clark, merasa sedikit lelah setelah makan itu sangat normal. Ada beberapa alasan Anda merasa lemas tetapi alasan utamanya karena proses pencernaan.

“Tubuh kita membutuhkan energi untuk berfungsi dan bertahan hidup. Kita mendapatkan energi ini dari makanan yang dipecah melalui proses pencernaan dan diubah menjadi bahan bakar atau glukosa, dan kemudian zat gizi makro menyediakan kalori (energi) untuk tubuh kita. Sistem pencernaan kita memicu semua jenis respons dalam tubuh kita,” jelas Clark, seperti dikutip Huffington Post.

Meski kadang tak terelakkan, sebenarnya rasa kantuk bisa dicegah agar tidak sampai mengganggu performa kerja.

Berikut lima cara efektif mencegah kantuk setelah makan siang.

1. Jalan kaki
Kerja dari rumah (work from home) membuat segala aktivitas terpusat di rumah. Untuk urusan makan siang pun Anda bisa makan di meja kerja atau cukup bergeser ke dapur. Kemudian godaan untuk bersantai sejenak di sofa lalu rasa kenyang campur mengantuk mengantarkan Anda pada tidur nyenyak.

Daripada duduk di sofa, sebaiknya Anda mengambil waktu sejenak untuk bergerak atau jalan kaki. Jalan kaki ke halaman, ruang tamu, naik ke lantai atas rumah, atau sekadar bermain dengan hewan peliharaan. Sebagaimana dilansir NDTV, aktivitas fisik ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

2. Asupan kaya zat besi
Cek menu makan siang Anda. Agar tubuh tidak cepat merasa lelah dan mengantuk, sebaiknya siapkan menu makan siang yang kaya akan zat besi, protein dan karbohidrat kompleks.

Menurut Times of India, zat besi akan meningkatkan produksi hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menghasilkan energi. Karbohidrat berfungsi untuk distribusi glukosa sebagai bahan bakar energi. Komposisi seperti ini bisa mencegah kantuk setelah makan hingga sore nanti.

3. Perhatikan porsi
Porsi makan berlebihan bakal menimbulkan rasa lemas dan memperlambat pencernaan. Akibatnya, timbul rasa tidak nyaman dan kembung. Sebaiknya sediakan camilan di antara sarapan dan makan siang untuk mencegah makan berlebihan di siang hari.

Tetap perhatikan menu makan siang dan camilan Anda. Terlalu banyak kandungan gula dan lemak justru membuat tubuh cepat lemas. Gula memang mampu meningkatkan energi tetapi ini hanya terjadi sekejap. Pilih camilan yang memiliki rasa manis alami seperti buah-buahan, kacang-kacangan.

4. Jaga hidrasi
Rasa kantuk juga merupakan tanda tubuh mengalami dehidrasi. Sebaiknya cukupi kebutuhan cairan tubuh sejak bangun tidur, sarapan, kemudian selama bekerja. Setelah makan siang pun segelas air putih akan membuat tubuh lebih segar. Dalam sehari, paling tidak tubuh memperoleh pasokan 1,5-2 liter air.

5. Mengunyah permen karet
Sebagian orang memilih kopi untuk menyelamatkan mereka dari rasa kantuk. Namun mempertimbangkan kandungan kafein pada kopi, Anda bisa menggantinya dengan permen karet.

Dari penelitian yang diterbitkan di jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Cukup kunyah permen karet selama sekitar 5 menit sebab melakukannya berlebihan justru Anda akan merasakan dampak sebaliknya.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia