Seiring meningkatnya COVID-19 varian Omicron mengharuskan kita untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa didapatkan dengan minuman sehat ini.

anyak ahli gizi yang mengatakan bahwa menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai garis pertahanan pertama untuk melawan virus yang kian bermutasi, sehingga bisa mengurangi risiko terinfeksi.

Meningkatkan sistem daya tahan tubuh itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa minuman sehat dan alami ini. Ada yang diracik dengan rempah dan ada pula dengan buah-buahan.

Yang pasti, bahan-bahan yang digunakan mengandung nutrisi penuh lengkap dengan antioksidan yang berperan melawan radikal bebas dalam tubuh, lapor Hindustan Times.

Berikut 5 minuman sehat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Golden Milk
Golden milk merupakan sebutan untuk racikan susu dan kunyit. Orang Indonesia biasa menyebut racikan ini dengan sebutan susu kunyit. Minuman ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Itu berkat zat kurkumin yang terkandung pada kunyit. Zat kurkumin itu dikemas dengan antioksidan yang berperan melawan virus dan bakteri. Golden milk juga mudah dibuat.

Pertama panaskan susu, kemudian campur dengan 1 sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt jahe bubuk, 1/4 sdt kayu manis bubuk, 1/8 sdt lada hitam bubuk dan 1 sdm madu. Aduk hingga rata dan bisa langsung diminum.

2. Teh Kunyit
Selain diracik dengan susu, kunyit juga bisa diracik dengan teh. Cara membuatnya juga mudah, pertama panaskan air dan siapkan 2,5 cm kunyit dan 1/2 sdm merica bubuk.

Campurkan semua bahan terus ke dalam air yang dipanaskan hingga mendidih. Setelah itu, sajikan dan beri tambahan madu. Racikan ini sering dimanfaatkan sebagai obat.

Teh kunyit ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Karenanya bisa bermanfaat sebagai penambah stamina, menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

3. Wedang Jahe
Wedang jahe juga merupakan minuman penambah stamina, yang dapat menjaga dari serangan bakteri. Itu karena jahe mengandung senyawa keton yang disebut zingeron.

Senyawa tersebut berperan seperti anti-inflamasi yang baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Jahe juga dapat menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan dan batuk kering.

Cara membuat wedang jahe sangat mudah. Pertama, masak air hingga mendidih dan tuang ke dalam gelas. Kemudian, geprek jahe seukuran jari telunjuk, lalu masukkan ke dalam air mendidih.

4. Jus Semangka
Semangka mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Vitamin C tersebut berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan stamina dan sistem imunitas tubuh.

Selain itu, semangka juga mengandung amino L-citrulline yang dapat mempercepat proses penyembuhan dengan mengembalikan stamina tubuh yang hilang.

Kamu bisa mencampurkan jus semangka dengan mint. Selain memberi efek rasa segar, mint juga kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D, E, A, C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

5. Teh Hijau
Teh hijau merupakan minuman sehat yang kaya nutrisi. Teh hijau mengandung polifenol yang berperan untuk melawan stres dan kelelahan. Manfaat teh hijau telah dibuktikan oleh penelitian.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Physiology Society pada 2005 menemukan bahwa teh hijau bisa memberi efek positif pada tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagaimana tidak, teh hijau memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur. Ahli gizi menyarankan untuk rutin minum teh hijau 2-3 kali dalam sehari.

Editor: Aron
Sumber: detikfood