Joao Moutinho mencetak gol pada laga Manchester United vs Wolverhampton, Selasa (4/1/2022) © AP Photo

Manchester United menelan kekalahan di laga perdana mereka di tahun 2022. Menjamu Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Liga Inggris, Setan Merah tumbang 0-1.

Bermain di Old Trafford, Selasa (4/1/2022) dini hari WIB, Wolves memang tampil lebih dominan. Kerja keras tim asuhan Bruno Lage itu terbayar berkat gol Joao Moutinho di menit ke-82.

Hasil ini membuat MU ada di posisi tujuh klasemen sementara dengan 31 poin dari 19 laga, sedangkan Wolves menempel di urutan delapan dengan 28 poin dari 19 laga.

Jalannya pertandingan
Wolves bermain menekan sejak awal. Marcal melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-8, namun melebar di sisi kanan gawang MU.

Ancaman dari Wolves berlanjut di menit ke-12. Lewat serangan balik, Daniel Podence nyaris mencetak gol dengan tembakan kaki kirinya, namun David de Gea dengan sigap menepisnya. Tembakan Ruben Neves tak lama berselang pun berhasil digagalkannya.

Wolves tak berhenti menyerang MU. Marcal kembali menyia-nyiakan peluang di menit ke-13, saat tembakan jarak jauhnya kembali gagal menemui sasaran. Empat menit berselang, percobaan yang sama dari Neves pun melambung di atas mistar.

De Gea kembali jatuh bangun menyelamatkan gawang MU. Menit ke-18, ia memblok tembakan mendatar Nelson Semedo, disusul dengan menangkap tembakan Podence di menit ke-25.

Baru di menit ke-26 MU membahayakan gawang Wolves. Cristiano Ronaldo melepaskan tembakan pertamanya di laga ini, tetapi kiper Wolves, Jose Sa sukses menahan long shot rekan senegaranya itu.

Wolves terus melanjutkan serangan. Raul Jimenez melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-27, tetapi jauh dari sasaran. Menit ke-39, sundulan Romain Saiss yang memanfaatkan tendangan bebas dari Trincao melebar ke sisi kiri gawang MU.

MU kembali mendapat kesempatan di menit ke-43, tetapi upaya Edinson Cavani dari jarak jauh juga tak berbuah gol. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, MU coba mengambil inisiatif serangan. Mason Greenwood melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-51, tetapi bola tak mengarah ke gawang Wolves.

Wolves pun tak diam saja. Podence kembali mendapat kans menjebol gawang MU di menit ke-59, tetapi sundulannya berhasil diamankan de Gea. Menit ke-60, MU memasukkan Bruno Fernandes untuk menyegarkan lini serang.

Gelandang asal Portugal itu hampir saja mencetak gol di menit ke-67, andaikan sepakan jarak dekatnya tak membentur tiang gawang. Dua menit berselang, tembakan Ronaldo melebar di sisi kanan gawang Wolves.

Wolves tak lantas panik. Conoar Coady dkk tetap menekan MU seperti biasa. Hampir saja Saiss mencetak gol di menit ke-75, andaikan tendangan bebasnya tak menerpa mistar gawang. Namun di menit ke-82, gol akhirnya datang untuk Wolves.

Berawal dari crossing Adama Traore dari sisi kanan, bola berhasil dibuang oleh Phil Jones keluar kotak penalti. Namun Joao Moutinho berhasil mengamankan second ball, dan tembakan mendatarnya melaju deras masuk ke sudut kiri gawang MU.

Skor 1-0 untuk Wolves bertahan hingga usai.

Susunan pemain
Manchester United: de Gea, Wan-Bissaka (Elanga 84′), Varane, Phil Jones, Luke Shaw, McTominay, Matic, Greenwood (Fernandes 60′), Sancho (Rashford 75′), Cavani, Ronaldo.

Wolverhampton Wanderers: Jose Sa, Kilman, Coady, Saiss, Nelson Semedo, Neves, Joao Moutinho, Marcal, Trincao (Traore 66′), Jimenez (Fabio Silva 81′), Daniel Podence (Dendoncker 88′).

Editor: ARON
Sumber: detiksepakbola