Jantung adalah organ tubuh vital yang perlu dijaga kesehatannya. (Istockphoto/Tharakorn)

Pola makan yang membahayakan kesehatan jantung ini perlu dikenali. Mulai dari makan tanpa kondisi ‘sadar’ dan fokus hingga enggan mengonsumsi makanan-makanan yang memang bagus untuk jantung.

Jantung adalah organ tubuh vital yang perlu dijaga kesehatannya. Jika kesehatan jantung terganggu, kamu bisa mengalami penyakit kardiovaskuler, stroke, dan bahkan kematian sebagai akibat paling fatal.

Kunci utama dari menjaga kesehatan jantung adalah menjalani pola makan sehat. Kemudian hindari pola makan yang justru bakal membahayakan kesehatan jantung.

Salah satunya adalah konsumsi makanan atau minuman manis yang terlalu banyak. Hal ini bisa membuat penumpukan lemak dan gula. Lalu hindari juga makan terlalu banyak karena bisa menaikkan kadar kolesterol dan trigliserida. Semua hal ini merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

Inilah 7 pola makan yang membahayakan kesehatan jantung:

1. Tidak makan banyak serat
Serat adalah zat gizi penting untuk kesehatan, termasuk jantung. “Serat adalah agen detoks alami yang dibutuhkan jantung dan usus. Konsumsi serat telah terbukti menurunkan kolesterol dan mampu menyediakan probiotik di usus, yang mana membantu kesehatan jantung dan tubuh terjaga,” kata ahli gizi Sabrina Hernandez.

Daftar makanan kaya serat sangat banyak. Hernandez menyarankan oatmeal, kacang-kacangan, apel, buah citrus, gandum utuh, hingga wortel untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Tidak fokus saat makan
Banyak pakar kesehatan menekankan betapa pentingnya mindful eating yaitu makan dengan sadar sehingga kamu bisa lebih mengetahui dan mengontrol asupan kalori. Sebaliknya, Hernandez mengatakan makan secara tidak fokus atau tidak sadar (mindless eating) dimana kamu makan dibarengi kegiatan lain, bakal berdampak buruk untuk kesehatan jantung.

“Ketika kamu fokus saat makan, kami akan merasa lebih memiliki kontrol. Tapi emosi, stress, atau kegiatan sibuk bisa membuat kamu makan dengan tidak sadar sehingga kamu tidak memerhatikan apa atau seberapa banyak makanan yang dikonsumsi,” kata Hernandez. Ia mengingatkan hal ini juga bisa membuat kamu makan berlebih dan pada akhirnya mengonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan jantung.

3. Mengasup terlalu banyak kalori
Mengonsumsi terlalu banyak kalori bisa membahayakan kesehatan jantung, sekalipun kalori berasal dari makanan yang “lebih sehat”.

“Asupan kalori berlebih harus disimpan tubuh di suatu tempat, jadi ketika penyimpanan mencapai batas maksimal, kalori merusak tubuh,” kata Hernadez. Kelebihan kalori yang tidak diperlukan tubuh ini bakal diedarkan ke aliran darah, yang mana menyebabkan kenaikan kolesterol dan trigliserida,” jelasnya. Ia meminta seseorang juga mewaspadai kalori dari asupan makanan sehat, seperti brokoli, salmon, atau bahkan quinoa

4. Terlalu banyak makan makanan manis
Kudapan manis atau dessert memang menggugah selera, namun memakannya terlalu banyak berisiko buruk bagi kesehatan jantung. Lemak dan gula yang terkandung di dalamnya adalah penyebab penyakit jantung.

Meski begitu, kamu tidak perlu menghindari sama sekali konsumsi makanan manis. Es krim hingga cake bisa dicicipi sekali-kali dalam perayaan spesial atau nikmati bareng teman supaya porsinya tak terlalu banyak.

5. Asal ikut diet keto
Belakangan diet keto semakin populer. Banyak orang ikut menjalaninya tanpa mengetahui dasar-dasar diet ini. Fokus diet ini adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan lemak. Tujuannya agar tercapai kondisi ketosis dimana tubuh bakal membakar lemak sebagai sumber energi utama.

Dr. Juan Rivera, ahli jantung, mengatakan diet keto berisiko membahayakan kesehatan jika tidak dilakukan dengan tepat atau di bawah pengawasan ahli. “Orang-orang malah bisa berakhir makan banyak lemak jenuh yang menyebabkan peningkatan kolesterol buruk yang membahayakan kardiovaskular,” kata Dr. Juan. Kalaupun menjalani diet keto, pilih sumber lemak sehat seperti ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.

6. Tidak makan makanan yang menyehatkan jantung
Kunci utama dari menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi makanan yang memang sifatnya baik untuk jantung. Hernandez bahkan merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan ini setiap hari.

Jenis makanan yang disukai Hernandez adalah salmon, biji rami (flaxseed), alpukat, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Semua makanan ini bisa dikonsumsi sendiri-sendiri atau dikombinasikan menjadi hidangan lezat. Misalnya roti gandum panggang topping salmon atau smoothie bowl dengan topping kacang.

7. Mengonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan jantung
Setelah mengetahui makanan yang baik untuk kesehatan jantung, kamu juga perlu tahu makanan yang buruk untuk organ vital ini. Salah satunya adalah makanan tinggi lemak dan kolesterol seperti gorengan, daging olahan, dan produk makanan kemasan lainnya.

Hindari juga konsumsi banyak daging merah karena tinggi lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lalu penting membatasi konsumsi soda karena gulanya yang banyak bisa membuat kamu berisiko lebih alami penyakit jantung.

Editor : ARON
Sumber : detikfood