Ilustrasi. Belum lama viral kuliner es kopi daun bawang di China dan kini sudah sampai di Indonesia. (iStockphoto/Adam Smigielski)

Viral es kopi daun bawang asal China sudah sampai Indonesia. Bagaimana rasanya?

Es kopi daun bawang atau scallion latte tengah populer di China. Rupanya popularitasnya sudah sampai ke tanah air. Sejumlah influencer menjajal ramuan kopi tak biasa ini.

Awalnya es kopi daun bawang disajikan oleh sebuah kedai kopi di China. Menu ini jelas bikin syok pelanggan. Daun bawang dikenal punya rasa dominan dan cukup tajam.

Dari video yang beredar, terlihat kopi diracik seperti biasa menggunakan susu lalu es batu. Namun yang membedakan, kopi ditambah daun bawang yang sudah dipotong-potong sebagai topping.

Dalam laporan media setempat, netizen mengaku merasa geli dan berpikir bahwa suatu saat mereka memesan kopi, mereka ingin memastikan kopi itu tanpa daun bawang.

“Memangnya semua bisa dijadikan latte?” seorang netizen mempertanyakan, mengutip laporan Must Share News.

Rasa es kopi daun bawang ini memicu tanya. Namun beberapa penggemar kopi mengaku melihat minumannya saja sudah bikin mual.

“Melihatnya saja, saya merasa mual,” kata netizen seperti dilaporkan What’s The Jam.

Tren ‘dark cuisine’
Menurut media lokal, saat ini memang sedang tren ‘dark cuisine’ di Tiongkok. Dark cuisine alias hei an liao li secara sederhana berarti makanan yang menguji kepekaan seseorang.

Biasanya dark cuisine terdiri dari kombinasi aneh dan menantang anggapan konvensional tentang makanan.

Sebelum kemunculan es kopi daun bawang, ada kopi tiram khas Guangdong, latte kaldu sapi Ningxia, nasi kopi di kafe Shanghai, latte kecap asin, kemudian ada century egg yang ditambahkan ke kopi.

Intinya, menu-menu kopi ‘spesial’ ini terletak pada mengubah kombinasi kopi plus susu menjadi mode ‘bebas kombinasi’.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com