Menginjak usia satu tahun, bayi sudah boleh makan makanan keluarga. Ya Moms, Anda tak perlu lagi membuat makanan khusus untuk si kecil.
Namun perlu diingat, tidak semua makanan yang Anda konsumsi juga baik untuk bayi. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh bayi karena bisa saja tidak bergizi dan mengganggu pertumbuhannya. Makanan apa saja?

Jangan Beri Bayi Usia 1 Tahun 8 Jenis Makanan Ini

Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (1)
Ilustrasi sashimi Foto: Shutterstock/Silverfoxz
1. Makanan Mentah
Konsultan gastrohepatologi anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K) menjelaskan, makanan mentah memang memiliki risiko tersendiri bagi anak. Makanan mentah bisa mengandung bakteri, logam berat dan berbagai hal lainnya yang tidak dapat dideteksi dengan mudah.
Karenanya dr.Frieda menyarankan, anak di bawah 3 tahun jangan dulu diberi makanan mentah seperti sushi, sashimi, salad hingga karedok.
“Bayi dan anak kecil yang masih berusia 1-3 tahun, sebaiknya memakan makanan yang telah diolah dan dipanaskan dengan suhu yang sesuai. Jangan biasakan memberikan daging, sushi atau jenis makanan mentah lainnya untuk dikonsumsi oleh anak Anda,” tuturnya.
2. Keripik
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (2)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Shutterstock
Mengutip Baby Center, keripik dan camilan serupa mengandung kadar garam yang tinggi. Sehingga, cenderung membuat bayi kenyang dan jadi hanya menyisakan sedikit ruang untuk makanan lain yang lebih bergizi.
Bayi sebaiknya hanya diberi sedikit garam, yakni kurang dari 1 gram per hari. Alih-alih memberikan keripik, lebih baik berikan finger food sehat kepada bayi, seperti stik wortel dan juga brokoli. Ingat untuk merebus dulu semua sayuran hingga matang ya, Moms.
3. Makanan Cepat Saji
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (3)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Pixabay
Makanan cepat saji seperti burger, pizza, dan fried chicken yang kaya akan garam dan gula serta lemak jenuh, merupakan makanan yang tidak memberikan nutrisi pada bayi. Makanan ini bisa membuat si kecil obesitas dan mengubah preferensi rasanya, jadi bayi bisa menolak makanan yang lebih sehat.
4. Permen
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (4)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Freepik
Permen dan cokelat mengandung banyak gula yang bisa merusak enamel gigi bayi. Apalagi permen kenyal karena bisa menempel pada gigi. Permen yang keras juga bisa membuat bayi tersedak. Jika bayi Anda memang suka makan makanan manis, lebih baik berikan sepotong keju setelahnya, karena ini akan membantu melindungi giginya dari pengaruuh gula.
5. Minuman Bersoda
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (5)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Freepik
Minuman bersoda mengandung banyak gula dan juga bersifat asam, sehingga dapat merusak gigi bayi yang baru tumbuh. Versi yang bebas gula pun masih terlalu manis untuk bayi, yang dapat membuat bayi Anda akan lebih suka makan makanan manis yang kuat.
Selain itu, beberapa minuman bersoda juga mengandung kafein yang dapat menumpuk di tubuh bayi yang menyebabkan si kecil terjaga, gelisah, atau mudah tersinggung.
6. Sereal
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (6)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Shutterstock
Sereal khususnya yang manis mengandung banyak gula dan garam di dalamnya. Sehingga selalu periksa label pada kemasan sereal dan hindari yang mengandung gula atau garam tinggi. Ada baiknya juga untuk membandingkan beberapa merek sereal supaya Anda tahu mana yang lebih sehat.
7. Kue dan Donat
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (7)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Shutterstock
Kue dan donat merupakan makanan yang rendah vitamin dan mineral, tetapi tinggi gula dan lemak jenuhnya. Sehingga bisa membuat bayi Anda kelebihan berat badan jika sering mengkonsumsinya. Maka lebih baik si kecil makan kue dan donat hanya pada acara khusus saja.
8. Kopi dan Teh
Meski sudah 1 Tahun, Ini 8 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bayi (8)
7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Bayi 1 Tahun Foto: Shutter Stock
Kafein dalam teh atau kopi dapat membuat bayi Anda sulit tidur nyenyak dan membuatnya mudah tersinggung. Selain itu, tanin dalam teh dapat mencegah bayi menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsinya.
Editor : Aron
Sumber : kumparan