Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan menarik diri sebagai negara pemberi dana tetap bagi WHO (World Health Organization). Sikap itu diambil karena ia menganggap WHO tak memperlakukan AS dan negara lainnya di dunia dengan baik, khususnya terkait penanganan virus corona.

Dilansir Reuters, penyataan itu muncul ke permukaan usai Trump mengeluarkan sepucuk surat yang dialamatkan kepada WHO pada Senin (18/5) waktu setempat. Trump menyampaikan WHO harus melakukan perbaikan menyeluruh dalam jangka waktu 30 hari ke depan.

Apabila permintaan itu gagal dipenuhi, Trump mengancam membekukan permanen seluruh pendanaan AS kepada pihak WHO.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

“Mereka harus membersihkan tindakan mereka. Mereka harus melakukan pekerjaan yang lebih baik. Mereka harus jauh lebih adil terhadap negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat, atau kita tidak akan terlibat dengan mereka lagi,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih seperti dikuti dari Reuters, Rabu (20/5).

AS menjadi donatur terbesar dengan memberikan dana ke WHO sekitar USD 450 juta setiap tahunnya. Kini, rencana untuk memangkas bantuan itu akan dilakukan Trump atas sikap WHO yang pro-China.

Ini bukan kali pertama Trump mengirimkan ancaman keras kepada WHO. Sebelumnya, Trump menuding WHO selayaknya boneka.

Tudingan itu diarahkan karena Trump menilai WHO terlalu memihak China. Trump mempertimbangkan untuk memotong atau membatalkan sejumlah dukungan dari AS.

“Mereka (WHO) adalah boneka [pemerintah] China, mereka China-sentris, untuk membuatnya (China) lebih bagus,” kata Trump di Gedung Putih.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan