JAKARTA – Presiden China Xi Jinping menyampaikan dukungan kerja sama kepada pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (covid-19).

Dukungan ini disampaikan Xi melalui sambungan telepon dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (2/4) kemarin.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Biro Pers dan Sekretariat Presiden, Xi menyatakan bahwa China siap melakukan kerja sama dengan berbagai negara.

Sebagai negara yang pertama kali terimbas Covid-19, China disebut telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah tersebut.
“Indonesia akan menjadi salah satu prioritas kerja sama. Secara umum, kami siap bekerja sama dengan rakyat Indonesia, bersatu padu untuk mengatasi covid-19,” ujarnya.

Xi juga menyampaikan rasa prihatin atas wabah Covid-19 yang melanda Indonesia. Ia berbagi pengalaman negaranya dalam perang melawan virus tersebut.
“Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah Covid-19,” kata Xi.

Sementara itu Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih pada Xi atas pengalaman yang dibagikan.

Ia mengatakan bahwa virus corona saat ini memang tak mengenal batas negara. Jokowi juga menyampaikan tentang munculnya stigma pada wabah Covid-19 saat ini.

“Penyebaran virus ini tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu, kita harus terus bekerja sama menangani penyebaran virus ini dan saya juga sangat tidak setuju terhadap munculnya stigmatisasi. Upaya stigmatisasi ini sangat tidak bermanfaat di tengah situasi yang sulit ini,” ucap Jokowi.

Pada Februari lalu, Jokowi juga telah berbincang dengan Xi melalui sambungan telepon. Dalam perbincangan itu, Xi menyampaikan apresiasi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh Indonesia dalam menangani Covid-19.
Presiden China Telepon Jokowi, Siap Kerja Sama Lawan Corona

Kata Xi, China telah mengobarkan semangat rakyat untuk berperang melawan corona, baik pencegahan maupun pengendalian. Upaya pencegahan dilakukan secara ketat dan menyeluruh guna mendapatkan hasil positif.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia