Setelah temuan kasus positif korona di Tanjungpinang, di Kepri kembali ditemukan pasien yang positif tertular virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu. Sore ini, (Kamis 19/3), Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengumumkan satu orang warga Batam dinyatakan positif terinfeksi virus korona.

“Saat ini warga Batam berjenis kelamin perempuan sedang diisolasi di RSUD Embung Fatimah,” ujar Rudi di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (19/3).

Pasien berusia 51 tahun tersebut dirawat di Rumah Sakit Embung Fatimah sejak tanggal 14 Maret 2020. Ia langsung menjalani perawatan di ruang UGD. Sebelum sakit, ia diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar Kota Batam, yaitu ke Jakarta, Bogor dan Yogyakarta. Pasien tersebut bertolak dari Batam pada tanggal 21 Februari 2020 dan kembali ke Batam pada tanggal 4 Maret.

“Kemudian pada tanggal 5 Maret, pasien mengeluhkan sakit demam, batuk berdahak,” kata Rudi lagi.

Sebelumnya, disampaikan kasus baru virus korona COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Pada Rabu (18/3) yakni 227 kasus. Kini total pasien positif virus korona menjadi 309 kasus. Termasuk 2 tambahan di Kepri.

Juru Bicara Pemerintah Untuk COVID-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Kamis (19/3) mengatakan paling banyak masih dijuarai oleh DKI Jakarta dengan tambahan kasus baru sebanyak 52 kasus. Dan kasus positif lainnya sudah cenderung menyebar meluas ke seluruh provinsi di Indonesia.

Bali tambah 1 kasus, Banten tambah 27 kasus, DIY tambah 5 kasus, DKI Jakarta tambah 52 kasus, Jawa Barat tambah 2 kasus, Jawa Tengah tambah 4 kasus, Jawa Timur tambah 1 kasus, Kalimantan Barat tambah 1 kasus, Kalimantan Timur tamhah 2 kasus, Kepulauan Riau tambah 2 kasus, Sumatera Utara tambah 1 kasus, Sulawesi Tengah tambah 3 kasus, Sulawesi Selatan tambah 2 kasus, Riau tambah 1 kasus.

Artinya dibanding kemarin, Rabu (18/3) yakni 227 kasus, hari ini Kamis (19/3) bertambah 82 kasus baru hanya dalam 24 jam. Sedangkan kasus sembuh hanya 15 orang.

Sementara di Kepri, dua kasus baru menambah kasus pertama yang ditemukan sehingga menjadi 3 kasus positif virus korona. Tambahan 2 pasien positif korona ini dikabarkan seorang warga Batam dan satu orang warga Karimun.

Sebelumnya, seorang pria warga Tajungpinang, Kepualuan Riau (Kepri) telah dipastikan positif terpapar virus corona (Covid-19). Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan pasien positif korona tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Tabib (RAT) pada Jumat (13/3) lalu. Tim kesehatan Kota Tanjungpinang sudah menyelidiki riwayat pasien tersebut.

Editor: PARNA
Sumber: batampos