Luncurkan Visa Turis, Arab Saudi Longgarkan Aturan Berpakaian Peziarah mengunjungi bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Mekah, Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Jakarta, Arab Saudi akhirnya membuka pintu untuk turis mancanegara dengan merilis program visa kunjungan bagi turis di 49 negara demi menambah pemasukan negara dari investasi sektor pariwisata.

Dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (27/9), program visa kunjungan juga disertai dengan kelonggaran kode etik berpakaian bagi pendatang, karena sebelumnya negara Muslim konservatif itu mewajibkan pengunjung wanita menggunakan jubah hitam panjang atau abaya.

Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed al-Khateeb mengatakan abaya bukan lagi pakaian wajib bagi turis mancanegara, namun mereka tetap wajib menggunakan pakaian yang sopan, terutama saat berada di ruang publik.

Sayangnya nama Indonesia tidak masuk dalam daftar 49 negara yang bisa mengurus visa kunjungan itu. Tapi turis Indonesia masih bisa menghubungi pihak Kedutaan Arab Saudi di Indonesia untuk mengurusnya.

Visa kunjungan untuk turis mancanegara bisa diurus melalui online atau saat kedatangan dengan tarif US$80 (sekitar Rp1,1 juta) per orang.

Turis wanita juga kini diperbolehkan untuk berwisata solo di Arab Saudi, setelah sebelumnya wanita harus ditemani pendamping selama berada di Arab Saudi.

Kota Mekah dan Madinah tetap terlarang untuk didatangi turis dengan visa kunjungan, karena untuk mendatangi dua area suci itu turis harus datang dengan visa khusus ibadah.

Sama seperti aturan berbikini di pantai, aturan minum alkohol juga masih dilarang.

“Kami memiliki banyak objek wisata dan pusat kuliner yang bisa dinikmati turis,” kata Ahmed.

Ada lima Situs Warisan Budaya UNESCO yang dibuka untuk turis di Arab Saudi. Selain itu pemerintahnya juga sedang membangun kawasan wisata futuristik dan modern Qidiyya yang berlokasi di Riyadh demi menampung kedatangan turis.

Pengelola taman bermain Six Folags juga dikabarkan bakal membuka cabang di Qiddiya.

Berikut daftar lengkap negara yang masuk dalam daftar program visa kunjungan ke Arab Saudi:

  1. Amerika Serikat
  2. Kanada
  3. Kazakhstan
  4. Singapura
  5. Brunei
  6. Selandia Baru
  7. Korea Selatan
  8. Jepang
  9. Spanyol
  10. Belgia
  11. Malaysia
  12. Austria
  13. Siprus
  14. Inggris
  15. Kroasia
  16. Estonia
  17. Andorra
  18. Denmark
  19. Jerman
  20. Bulgaria
  21. Prancis
  22. Hungaria
  23. Republik Ceko
  24. Belanda
  25. Italia
  26. Finlandia
  27. Irlandia
  28. Lithuania
  29. Yunani
  30. Liechtenstein
  31. Monako
  32. Islandia
  33. Malta
  34. Polandia
  35. Latvia
  36. Norway
  37. Rusia
  38. Luksemburg
  39. Rumania
  40. Slovenia
  41. Montenegro
  42. Slovakia
  43. Swiss
  44. Portugal
  45. Swedia
  46. Australia
  47. San Marino
  48. Ukraina
  49. China, termasuk Hong Kong, Makau dan Taiwan

Alamat Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia:

Jalan HR Rasuna Said Kav. B2 Kecamatan Setiabudi RT.10/RW.7 Kuningan, RT.10/RW.7, Kuningan, Karet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920, (021) 28094000

(ard)

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia