llustrasi. Ada beberapa cara membuat kopi enak tanpa gula yang bisa dicoba. (Pixabay/mammela)

Saat kopi buatan sendiri rasanya tidak karuan, orang buru-buru ‘menyelamatkannya’ dengan menambahkan gula ke dalamnya. Padahal, ada deret cara membuat kopi enak tanpa gula.

Gula dianggap sebagai formula mujarab untuk membuat minuman makin nikmat, terutama kopi. Gula pun seolah jadi penyelamat kopi buatan sendiri yang kadang rasanya jauh dari harapan.

Menambahkan gula tentu bukan keputusan bijak. Masih ada beberapa cara membuat kopi enak tanpa gula. Berikut di antaranya cara yang bisa Anda coba.

1. Bubuk kayu manis
Rempah, salah satunya kayu manis, akan membuat kopi makin enak. Anda tidak serta merta memasukkan gulungan kecil kayu manis saat menyeduh kopi.

Triknya, sebelum Anda menuang air panas untuk menyeduh kopi, letakkan sejumput atau dua jumput bubuk kayu manis pada gilingan kopi dan aduk rata. Kemudian, seduh kopi seperti biasa.

Tak hanya kayu manis, sebenarnya rempah lain juga bisa digunakan seperti pala, adas, cengkeh atau kapulaga.

2. Susu kocok
Membuat kopi sendiri di rumah memang jadi cara tetap bisa menikmati kopi tanpa bikin dompet menangis. Ketimbang menghabiskan puluhan ribu di kedai kopi besar, Anda bisa menikmati cappuccino sederhana.

Mengutip dari Food and Wine, Anda cukup menghangatkan susu pada microwave atau panci, tapi jangan sampai terlalu panas. Kemudian, tuang susu pada wadah bertutup rapat, lalu kocok dengan kuat selama 30 detik. Susu pun akan sedikit berbusa, dan saat ditambahkan pada kopi, Anda serasa meminum cappuccino.

3. Sedikit garam
Kopi sebenarnya punya rasa manis alami. Rasa manis ini bisa lebih ‘diangkat’ dengan menambahkan sedikit garam.

Mungkin ini terdengar aneh, tapi patut dicoba ketimbang menambahkan gula. Garam bisa ditambahkan pada kopi tubruk atau espresso.

4. Ekstrak vanili
Menambahkan vanili (vanilla) jadi salah satu cara membuat kopi enak tanpa gula. Ekstrak vanili akan membuat rasa kopi agak creamy dan memiliki aroma manis menggoda.

Mengutip dari Spoon University, tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila pada secangkir kopi atau tambahkan biji vanili pada kopi bubuk sebelum diseduh.

5. Bubuk cokelat
Cokelat memang tak pernah salah. Kenapa tidak tambahkan bubuk cokelat atau kakao pada kopi Anda?

Namun, pastikan bubuk cokelat benar-benar terbuat dari kakao murni, tanpa tambahan gula.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com