Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, mengangkat gelar trofi juara Bundesliga setelah timnya menang 2-1 atas FC Augsburg di BayArena, Sabtu (18/5/2024). (STUART FRANKLIN/AFP)

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, menantang timnya untuk menyempurnakan musim bersejarah dengan raihan treble dan catatan tanpa kalah.

Hal ini disampaikan Alonso selepas pertandingan pamungkas Bundesliga 2023-2024 melawan Augsburg. Bayer Leverkusen yang sudah dipastikan juara Bundesliga, memetik hasil manis atas Augsburg dalam laga yang bergulir di Stadion BayArena.

Leverkusen menang 2-1 atas Augsburg berkat gol yang dilesatkan Victor Boniface (12′) dan Robert Andrich (27′).

Sementara, balasan Augsburg tercipta melalui Mert Komur (62′). Berkat kemenangan ini, Bayer Leverkusen asuhan Alonso menutup Bundesliga musim ini dengan 90 poin, dengan catatan 28 kemenangan, enam hasil imbang, dan nol kekalahan.

Catatan Leverkusen tersebut hanya kalah tipis dari Bayer Muenchen yang berhasil mencatatkan 91 poin kala juara pada musim 2012-2013. Saat itu, Die Roten, julukan Bayern, mencatatkan 29 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

“Mencapai 90 poin adalah sesuatu yang benar-benar bagus. Rekornya adalah 91, kami hanya kurang sedikit lagi, namun untuk tetap tak terkalahkan adalah hal yang luar biasa,” ujar Alonso dalam konferensi pers usai laga, dikutip dari Sky Sports.

“Pencapaian ini luar biasa, tidak hanya di Jerman tapi juga di Eropa. Mulai besok kami memiliki target besar berikutnya di depan mata, minggu depan akan terasa spesial dengan berbagai peluang ini,” ujar Alonso menambahkan.

Seperti kata Alonso, Leverkusen yang tidak berhasil mencapai 90 poin, tetap mencatatkan rekor sebagai tim Bundesliga pertama yang jadi juara tanpa terkalahkan dalam semusim.

Leverkusen berpeluang menyempurnakan musim bersejarah ini dengan raihan treble alias tiga gelar dalam semusim.

Syaratnya, Die Werkself mesti menang dalam ajang final Liga Europa 2023-2024 dan DFB Pokal.

Alonso pun menantang timnya untuk memanfaatkan momen unik ini dan menjaga rekor tidak terkalahkan di seluruh kompetisi.

Saat ini, Bayer Leverkusen membukukan catatan 51 pertandingan tidak terkalahkan di semua ajang.

Leverkusen akan melawan Atalanta di Dublin pada laga final Liga Europa 2023-2024 Rabu (22/5/2024), dilanjutkan dengan partai puncak DFB Pokal menghadapi tim divisi dua, Kaiserslautern, Sabtu (25/5/2024).

Selepas laga melawan Augsburg, Alonso merayakan euforia kemenangan bersama para suporter di tribune.

Alonso menilai suporter memiliki peran penting dalam perjalanan bersejarah Leverkusen musim ini. “Suporter mendukung kami sepanjang musim. Mereka memberikan energi besar pada momen penting,” ujar Alonso dikutip dari Bild.

“Itu adalah momen untuk berbagi kesuksesan dengan fan di tribune. Mereka sangat emosional dan bergairah. Terasa sangat menyenangkan bagi saya,” tutur Alonso.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com