Foto: Shutterstock

Panas dalam merupakan gejala yang muncul akibat peradangan yang terjadi pada tubuh. Gejala ini umumnya ditimbulkan akibat kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan serta mineral.

Selain itu, panas dalam juga dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan yang diolah dalam suhu tinggi. Terpapar cuaca panas dalam waktu lama pun juga dapat menimbulkan gejala ini. Hal ini terjadi karena suhu tubuh yang meningkat, apalagi ditambah dengan konsumsi makanan panas dan pedas.

Gejala panas dalam dapat ditandai dengan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, terutama saat menelan makanan atau minuman. Pada kondisi ini, sensasi panas seringkali muncul, terkadang juga disertai dengan kekeringan dan rasa gatal di tenggorokan. Beberapa gejala lain yang ditimbulkan dapat berupa sariawan, bibir pecah-pecah, hingga kekeringan pada bagian tenggorokan.

Meskipun begitu, mereka yang mengalami keterbatasan cairan hingga terpapar cuaca panas tak perlu khawatir mengalami panas dalam. Dikutip dari berbagai sumber, mengonsumsi beberapa asupan ini bisa melawan gejala panas dalam tersebut.

1. Vitamin C

Vitamin C diketahui penting dalam menjaga kesehatan dan energi. Mengonsumsi Vitamin C dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C mudah didapatkan melalui konsumsi buah-buahan seperti mangga dan blewah.

2. Biji Selasih

Biji selasih memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan dan kemampuan menyerap air dalam membantu hidrasi. Selain itu, biji selasih dapat menjadi pendukung selama beraktivitas, mengingat khasiat anti radang dan manfaat antioksidan yang dimilikinya sangat baik untuk tubuh.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung serat, air, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, hidrasi tubuh, hingga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, lidah buaya dapat menjadi opsi tambahan yang bermanfaat saat beraktivitas.

4. Alang-alang

Tanaman alang-alang diyakini dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan, salah satunya mengurangi gejala panas dalam. Hal ini dikarenakan khasiat mengatasi radang serta kemampuan meredakan nyeri panas dalam yang dimilikinya.

Selain beberapa asupan di atas, kamu juga bisa mencegah panas dalam dengan mengonsumsi Alang Sari Cool dari Sido Muncul. Alang Sari Cool merupakan produk siap minum berkhasiat yang dapat meringankan berbagai gejala, mulai dari panas dalam hingga sulit buang air besar.

Agar dapat lebih nyaman dalam beraktivitas, konsumsi Alang Sari Cool setiap harinya, baik sebelum maupun setelah beraktivitas. Sebab minuman ini diracik dengan kombinasi bahan herbal yang dapat meredakan panas dalam, termasuk alang-alang.

Alang Sari Cool ini hadir dalam bentuk ready to drink (RTD). Minuman RTD ini dapat menjadi solusi praktis bagi mereka yang tidak mau ribet dalam mencari minuman herbal untuk melawan panas dalam.

Bikin aktivitas sehari-hari terasa nyaman dan lancar dengan minum Alang Sari Cool yang bisa didapatkan di apotek terdekat atau secara online di berbagai online marketplace atau melalui website www.sidomunculstore.com atau langsung klik di sini.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com