Ilustrasi. Pisang salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan bagus untuk kesehatan mata. (Hans/Pixabay)

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A. Berikut ini daftarnya.

Vitamin A menjadi nutrisi yang penting untuk tubuh. Salah satu fungsi utama vitamin A yang telah banyak diketahui orang adalah dapat menjaga kesehatan mata.

Melansir Siloam Hospitals, pada organ tubuh bagian mata, vitamin A berguna untuk mengubah cahaya yang ditangkap menjadi sinyal untuk dikirimkan ke otak.

Selain itu, vitamin A juga bantu melindungi kerusakan sel pada mata serta menurunkan risiko penyakitnya, seperti rabun senja dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan sumber vitamin A, kita bisa mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, seperti ikan, susu, tak terkecuali buah.

Apa saja buah yang mengandung vitamin dan baik untuk menjaga kesehatan mata? Berikut daftarnya.

1. Pisang
Pisang adalah buah yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi. Ternyata, pisang juga memiliki peranan penting untuk kesehatan mata.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, pisang mengandung vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mangga
Buah mangga mengandung vitamin yang sangat tinggi di antaranya: Vitamin A, B1, C dan E. Vitamin A yang lumayan bagus dalam buah mangga ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

3. Aprikot
Menukil Eye Clinic London, aprikot sangat bermanfaat bagi kesehatan mata karena mengandung vitamin A, C dan E serta karotenoid, dan kaya akan beta-karoten. Hal ini dikatakan membantu penglihatan malam dan kemampuan mata untuk menyesuaikan diri dengan pengaturan gelap.

Buah aprikot juga membantu menyerap sinar biru dan ultraviolet yang merusak untuk melindungi retina.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi dan menikmati buah-buahan ini. Anda dapat memilih untuk mencampurkannya ke dalam smoothie, menambahkannya ke hidangan penutup, atau menambahkannya ke salad buah.

4. Buah beri
Stroberi, cranberry, blackberry, dan blueberry adalah makanan super yang bagus untuk kesehatan mata. Buah beri kaya akan vitamin dan mineral bergizi dan memiliki manfaat khusus dalam menjaga kesehatan mata.

Antioksidan yang terdapat pada sebagian besar buah beri dapat membantu mencegah kekeringan, menurunkan tekanan darah, cacat penglihatan, dan degenerasi makula.

5. Tomat
Sebuah penelitian dari Mediator of Inflammation pada 2014 mengatakan bahwa buah tomat memiliki kandungan karoten. Pigmen tersebut mencakup provitamin A dan non-provitamin A seperti lutein dan lycopene. Dalam 100 gram buah tomat, mengandung 833 IU.

Pada tabel penelitiannya, bertuliskan bahwa kehadiran karoten menjadi kunci efek antioksidan dan anti peradangan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

6. Pepaya
Buah yang mengandung vitamin untuk menjaga kesehatan mata selanjutnya pepaya. Pepaya sarat vitamin A dan C yang membantu melindungi kornea serta mengurangi degenerasi retina.

Sama seperti mangga, buah dengan daging berwarna kuning terang ini mengandung sekitar 271 mikrogram lutein dan zeaxanthin dalam setengah buahnya.

7. Anggur
Dalam 100 gram anggur terdapat kandungan vitamin A sebesar 100 IU. Selain itu, anggur adalah pilihan yang baik untuk camilan manis alami dengan vitamin C dan K, serta fitonutrien bermanfaat lainnya.

Itulah 7 buah yang mengandung vitamin A dan bagus untuk menjaga kesehatan mata. Semoga membantu.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com