Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad beserta Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar saat menghadiri Halal Bihalal di Gedung Swasana BRIN LIPI Jakarta. (Foto: dok Humas Pemprov Kepri)

Suasana penuh keakraban dan kerinduan menyelimuti Halal Bihalal Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang diadakan di Gedung Swasana BRIN LIPI Jakarta, pada hari Minggu, (28/04). Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad beserta Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar dan jajaran Pemprov Kepri, para perantau Kepri di Jabodetabek, dan mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kepri atas partisipasi dan dukungannya dalam membangun daerah.

“Seluruh masyarakat Kepri di perantauan utamanya di Jakarta harus terus merawat persaudaraan dan saling kompak, kita semua adalah saudara yang harus menjadi wajah Kepri yang ramah dan santun,” kata Gubernur Ansar.

Masyarakat Kepri di Jakarta seolah memanfaatkan momen halal bihalal ini untuk saling melepas rindu dan bermaaf-maafan dengan saudara seperantauan. Masyarakat Kepri dari berbagai latar belakang dan pekerjaan terlihat antusias datang ke halal bihalal ini.

Di momen tersebut, Gubernur Ansar Ahmad memaparkan berbagai capaian pembangunan di berbagai bidang, di antaranya Kepri mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%, tertinggi di Sumatera.

“Hal ini menunjukkan geliat ekonomi Kepri yang semakin maju dan berdaya saing setelah kita terpukul dengan pandemi Covid 19,” kata Gubernur Ansar.

Selanjutnya Gubernur Ansar menjelaskan lndeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri terus meningkat, menunjukkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di berbagai aspek. Angka pengangguran dan kemiskinan di Kepri menunjukkan tren penurunan yang signifikan, menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kepri juga berhasil meraih predikat Indeks Kerukunan Umat Beragama terbaik di tingkat nasional, menunjukkan komitmen kuat pemerintah dalam menjaga kerukunan dan toleransi antarumat beragama,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar Ahmad tidak hanya memaparkan capaian, tetapi juga menyampaikan visi dan misinya untuk membawa Kepri ke level yang lebih tinggi. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi dari semua pihak untuk mewujudkan Kepri yang sejahtera, berdaya saing, dan berbudaya.

Sebagai wujud komitmennya, Gubernur Ansar Ahmad memaparkan berbagai program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan, seperti Pembangunan Rumah Singgah di Jakarta, Bantuan BPJS Ketenagakerjaan bagi Nelayan, Subsidi UMKM, Bantuan Rumah Ibadah, Pengiriman Muballigh, Pembangunan BTS dan Program Kepri Terang.

“Seluruh program ini adalah ikhtiar kami untuk membawa Provinsi Kepri ke tingkat yang lebih baik dan memastikan seluruh masyarakat Kepri bisa merasakan hasil kerja keras kami semua,” kata Gubernur Ansar.

Acara Halal Bihalal ini menjadi momen penting untuk memperkuat silaturahmi dan rasa persatuan di antara masyarakat Kepri. Gubernur Ansar Ahmad mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersatu dan bekerja sama dalam membangun Kepri.

Editor: PARNA