Ilustrasi (iStock)

Mungkin traveler sering melihat beberapa penumpang yang langsung berdiri dan menurunkan kopernya ketika pesawat baru mendarat. Sejatinya, traveler tak perlu buru-buru kok.

Ya, mungkin traveler berusaha segera keluar dari pesawat dan ingin cepat sampai di tempat tujuan. Tapi, yang terjadi sering kali tindakan itu tidak bermanfaat, apalagi jika kemudian kamu mesti menunggu untuk mengambil bagasi tercatat.

Namun, ada beberapa alasan mengapa penumpang tidak perlu terburu-buru berdiri saat pesawat mendarat. Faktor keselamatan menjadi yang pertama yang dipertimbangkan untuk tidak melakukan perilaku tersebut.

Dilansir dari Stuff, Minggu (28/4/2024) hal tersebut menyangkut tata krama. Etiket di pesawat memang bervariasi, tetapi secara umum, penumpang sebaiknya menunggu hingga barisan depan mereka keluar sebelum berdiri. Ini membantu mengurangi kekacauan dan memastikan proses keluar berjalan lancar.

Salah satu pramugara, Tommy Cimato melalui akun tiktoknya @tommycimato mengingatkan bahwa berdiri terlalu cepat saat pesawat mendarat tidak aman.

 “Jangan langsung berdiri saat pesawat mendarat, itu tidak aman. Kamu harus memastikan tetap duduk sampai di gate dan tanda sabuk pengaman dimatikan,” katanya dalam video tersebut.

Di Amerika Serikat, mereka memiliki aturan tak tertulis, jika penumpang duduk di kursi dekat lorong, sebaiknya sudah menyiapkan barang-barangnya sebelum giliran keluar. Jika sedang mencari barang di bagasi atas, dipastikan menyelesaikannya sebelum berdiri.

Dengan berdiri sebelum pesawat berhenti sepenuhnya dapat membahayakan keselamatan. Jika penumpang menanggalkan sabuk pengaman dan berdiri ketika pesawat masih bergerak, ada risiko jatuh atau terkena barang bawaan lainnya.

Di sisi lain, influencer bernama Stephanie Miller, menyebut tindakan terburu-buru berdiri dari tempat duduk sebagai perilaku buruk.

“Saya minta maaf, tetapi jika kamu berdiri dan menyadari semua orang hanya berdiri di sana dan antrean tidak mengarah ke mana pun selama 15 menit, duduklah kembali,” ujar Miller.

Nah, jadi ada baiknya kalian menunggu dengan sabar sambil duduk tenang sebelum antre untuk turun pesawat, daripada buru-buru berdiri dan membuat penumpang lain merasa terganggu.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com