Komedian Alfiansyah Komeng. (Foto: febryantino nur pratama)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengesahkan perolehan suara pemilihan calon anggota DPD daerah pemilihan Jawa Barat. Komedian Alfiansyah Komeng mendapatkan suara tertinggi sebanyak 5,3 juta.

Perolehan suara itu dibacakan oleh KPU Jawa Barat dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat nasional di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024). Rapat dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Menariknya, saat KPU Jawa Barat menyebut kan perolehan suara dari calon Alfiansyah Komeng, peserta rapat yang hadir langsung menyahut ‘uhuy’. KPU Jawa Barat yang mendengar itu pun kembali mengulangi membacakan perolehan suara dari Komeng. Para peserta pun kembali berseru ‘uhuy’ ketika nama Komeng disebut.

“Calon nomor 10, 5.399.699,” kata Anggota KPU Jawa Barat.

“Uhuy,” sahut peserta rapat pleno yang hadir.

Komeng menempati posisi pertama dengan perolehan suara tertinggi caleg DPD di Jabar. Lalu disusul Aanya Rina Casmayanti dengan perolehan 1.976.561 suara.

Posisi ketiga ditempati oleh artis Jihan Farida yang meraih 1.823.907 suara. Kemudian, diikuti oleh Agita Nurfianti dengan 1.168.837 suara.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan, total perwakilan anggota DPD setiap provinsi sebanyak 4 orang. Komeng pun dipastikan lolos menjadi anggota DPD.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom