Aktor Robert Downey Jr meraih Piala Oscar 2024 di Academy Awards ke-96 yang digelar Minggu (10/3) malam waktu Los Angeles, atau pada Senin (11/3) waktu Indonesia. Ia menang dalam kategori Actor in a Supporting Role.

Robert Downey Jr meraih Piala Oscar berkat perannya dalam film Oppenheimer sebagai Lewis Strauss, musuh bebuyutan Robert J Oppenheimer.
Ini adalah kemenangan pertama bagi Robert Downey. Ia sebelumnya dinominasikan sebagai aktor terbaik pada 1993 untuk Chaplin, dan aktor pendukung terbaik pada 2009 untuk Tropic Thunder.

Raih Oscar, Robert Downey Jr Ungguli Robert De Niro hingga Mark Ruffalo

Robert Downey Jr mengungguli Robert De Niro untuk Killers of the Flower Moon, Ryan Gosling untuk Barbie dan Mark Ruffalo untuk Poor Things.
“Terima kasih untuk istriku, Susan Downey. Dia mencarikanku hewan peliharaan dan menyayangiku hingga hidup kembali. Itu sebabnya saya di sini,” kata Robert Downey dalam pidato kemenangannya.
“Rahasia kecil saya adalah, saya membutuhkan pekerjaan ini lebih dari yang membutuhkan saya. Saya berdiri di sini di hadapan kalian sebagai pria yang lebih baik karenanya,” jelas Robert Downey Jr.
Robert Downey diunggulkan setelah memenangkan beberapa penghargaan Best Supporting Actors, termasuk penghargaan Golden Globe, Bafta, dan Screen Actors Guild.