Kopi merupakan salah satu jenis minuman populer yang kerap dikonsumsi setiap pagi hari. Kopi dianggap menjadi minuman yang pas untuk meningkatkan energi sebelum beraktivitas. Tak banyak yang tahu, mengonsumsi kopi tanpa gula setiap hari rupanya memiliki manfaat besar untuk tubuh.

Apa yang terjadi pada tubuh ketika seseorang rutin mengonsumsi kopi setiap hari? Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kopi untuk kesehatan dikutip dari EatingWell:

1. Dapat Energi Tambahan
Bukan omong kosong, secangkir kopi di pagi hari dapat menjadi minuman yang memberi energi besar untuk tubuh. Biji kopi mengandung kafein, stimulan alami yang dapat membantu tubuh untuk mendapatkan energi lebih.

Kafein secara khusus dapat menstimulasi sistem saraf pusat. Hal ini membantu seseorang untuk mendapatkan semangat lebih ketika ‘melangkah’ melalui hari.

2. Pencernaan Lancar
Mengonsumsi kopi terbukti secara medis dapat merangsang motilitas kolon atau pergerakan yang terjadi pada sistem pencernaan. Menurut beberapa data yang dipublikasikan Nutrients pada 2021, terungkap bahwa minum kopi meningkatkan keinginan untuk buang air besar di antara sepertiga populasi.

3. Mood Meningkat
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019 dan diterbitkan dalam Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology menunjukkan bahwa orang dewasa sehat mengalami peningkatan suasana hati 30 menit setelah konsumsi kafein.

Lebih jauh lagi, minum kopi secara teratur menghasilkan perbaikan suasana hati yang lebih tinggi dan signifikan dibandingkan peminum kopi tanpa kafein.

4. Risiko Terkena Alzheimer Berkurang
Selain kafein, secangkir kopi juga mengandung senyawa polifenol bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Dalam jurnal yang diterbitkan oleh International of Molecular Sciences pada 2021, kopi kemungkinan memiliki kaitan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif.

Beberapa di antaranya adalah penyakit alzheimer, parkinson, dan demensia

5. Risiko Penyakit Kardiovaskular Menurun
Sebuah penelitian pada tahun 2018 mengungkap manfaat tersembunyi dari secangkir kopi untuk kesehatan kardiovaskular. Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, kebiasaan minum 3-5 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Penurunan risiko penyakit kardiovaskular tersebut bahkan mencapai hingga 15 persen.

6. Meningkatkan Kinerja Tiroid
Kelenjar tiroid merupakan organ tubuh yang terletak di bawah pita suara dan berfungsi serta mensekresi hormon-hormon yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Dalam Nutrition Journal yang diterbitkan pada 2023, terungkap sejumlah hubungan potensial antara asupan kafein dan peningkatan fungsi tiroid pada orang yang mengalami masalah metabolisme.

Asupan kafein sebanyak 9,97 hingga 264,97 milligram per hari dikaitkan secara positif dengan tingkat hormon perangsang tiroid yang sehat.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com