Sarapan sangat penting dilakukan untuk menambah energi dalam beraktivitas. Makanan yang dikonsumsi haruslah bergizi seimbang. Jangan mengonsumsi jenis makanan ini ya!

Makan di waktu sarapan sangat penting dilakukan untuk menambah energi harian. Oleh karenanya, asupan makanan bergizi seimbang penting dikonsumsi, seperti yang mengandung protein tinggi.

Jangan memilih sarapan yang tidak memiliki asupan nutrisi sehat. Di antaranya seperti makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi.

Dilansir dari Mirror (29/9), Jessie Inchauspe ahli nutrisi menjelaskan sarapan manis dapat menyebabkan naik turunnya gula setiap hari sepanjang hari. Salah satu menu itu adalah jus jeruk.

Jus jeruk ternyata mengandung gula yang cukup tinggi. Meskipun terbuat dari buah jeruk asli, tapi terdapat kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Setidaknya ada 9 gram gula dalam 100 gram jeruk.

“Orang-orang mengatakan kalau minum jus jeruk di pagi hari akan menambah energi, padahal semuanya bohong,” ungkap Inchauspe.

Mengonsumsi sarapan manis justru mengakibatkan berkurangnya sirkulasi energi. Namun, kadar gula yang tinggi juga tak baik bagi kesehatan.

Terlalu Tajir! Billie Eilish Tak Sengaja Beli Sereal Sampai Rp 35 Jutasereal Foto: Site News

Sebaiknya mengonsumsi sarapan yang rasanya gurih, tapi jangan sampai mengakibatkan tingkat gua yang rendah. Karena, hal itu dapat menyebabkan kelelahan.

Makanan gurih yang dimaksud juga harus mengandung protein tinggi, seperti telur, alpukat, ikan berlemak sehat, dan sayuran. “Sarapan terbaik adalah sarapan gurih yang mengandung protein. Protein adalah zat penting yang dapat dikonsumsi karena membuat kenyang,” ujar Inchauspe.

Selain jus jeruk, sereal juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi saat sarapan. Sereal terlihat sangat sehat, tapi kandungan gulanya cukup tinggi dan termasuk makanan olahan yang dapat memberikan masalah jantung.

Dr Chris van Tulleken menjelaskan bahwa makanan olahan dapat menyebabkan risiko masalah jantung. Penelitian terbaru menemukan bahwa jutaan orang berisiko terkena jantung karena makanan tersebut.

Editor: PARNA

Sumber: detikcom