Cara membuat tulisan tebal di WhatsApp.(Kompas.com/Wahyunanda Kusuma P)

Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar untuk mengoperasikan aplikasi pesan instan WhatsApp, terutama dalam hal pembuatan pesan. Salah satu panduan dasar itu seperti cara membuat tulisan tebal di WhatsApp.

Sebagai informasi, chat atau pesan di WhatsApp bisa diatur untuk tampil dengan format-format tulisan tertentu, salah satunya adalah format tebal atau bold. Cara membuat tulisan bold di WhatsApp bakal berguna bagi pengguna.

Tulisan dengan format bold umumnya akan dibutuhkan ketika pengguna hendak membuat pesan yang membutuhkan perhatian lebih seperti pesan pengumuman atau pesan peringatan penting.

Dengan ditebalkan, tulisan yang dibuat di WhatsApp akan memiliki kesan penting. Lantaran bakal berguna untuk membuat pesan, pengguna penting untuk mengetahui cara menebalkan tulisan di WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara membuat tulisan bold di WhatsApp? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara membuat tulisan tebal di WhatsApp dengan mudah dan cepat.

Cara membuat tulisan bold di WhatsApp

Cara membuat tulisan bold di WhatsApp itu pada dasarnya sangat mudah.

Setidaknya, terdapat dua cara membuat tulisan bold di WhatsApp yang bisa dilakukan pengguna, yaitu menggunakan kode dan tanpa kode.

Jika menggunakan kode, pengguna perlu memasukkan simbol tertentu di antara tulisan yang ingin diformat tebal. Jika tanpa kode, pengguna tak perlu memasukkan simbol tersebut.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara menebalkan tulisan di WhatsApp adalah sebagai berikut.

1. Cara membuat tulisan tebal di WhatsApp dengan kode

Cara membuat tulisan tebal di WhatsApp yang pertama adalah dengan menggunakan kode.

Untuk diketahui, kode tulisan tebal di WhatsApp adalah menggunakan simbol asterik (*) untuk mengapit tulisan yang ingin ditebalkan.

Misalnya, pengguna ingin menebalkan tulisan “Saya adalah budi” (tanpa tanda kutip).

Supaya tulisan itu tebal, sisipkan simbol (*) di depan dan belakang tulisan itu menjadi *Saya adalah budi*.

Setelah simbol disisipkan, kirim tulisan tersebut dan tulisan akan berformat tebal.

2. Cara menebalkan tulisan di WhatsApp tanpa kode

Cara menebalkan tulisan di WhatsApp yang kedua adalah dengan mengakses menu khusus. Jadi, pengguna tak perlu memakai kode seperti cara di atas.

Adapun cara membuat tulisan tebal di WhatsApp tanpa kode adalah sebagai berikut: Buka ruang obrolan di aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya, ketik chat yang ingin dibuat menjadi berformat tebal. Apabila chat sudah diketik, blok bagian kata atau kalimat yang ingin diubah menjadi tebal.

Untuk mengebloknya, cukup sentuh dan tahan di kata atau kalimat yang dikehendaki. Kemudian, akan muncul pop-up menu di sisi atas.

Klik ikon titik tiga vertikal di ujung kanan pada menu tersebut dan pilih opsi “Bold”.

Terakhir, tulisan akan memiliki format tebal sesuai opsi yang dipilih tadi.

Cukup mudah bukan cara membuat tulisan tebal di WhatsApp?

Dengan cara tersebut, pengguna bisa membuat chat dengan tulisan format tebal atau bold untuk berbagai keperluan di WhatsApp.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menebalkan tulisan di WhatsApp secara mudah dan cepat, baik dengan maupun tanpa kode.

Sebagai informasi tambahan, selain format tebal, tersedia format tulisan lain di WhatsApp. Misalnya, format tulisan miring, coret, garis bawah, poin, dan lainnya.

Tiap format tulisan itu bisa dibuat dengan cara yang berbeda-beda.

Pengguna bisa membaca cara membuat tulisan dengan format-format itu di artikel ini “7 Format Teks WhatsApp”.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com