New York dinilai menjadi tujuan utama tempat kerja bagi para lulusan baru, khususnya di Amerika Serikat (AS). New York menerima paling banyak lamaran dari lulusan baru sebelum pandemi, bahkan setelah pandemi kota ini pun semakin kompetitif.

Dari data Handshake, situs karier perguruan tinggi yang dilansir CNBC, Rabu (11/10/2023), New York mencatat 6,7 kali lebih banyak permohonan pekerjaan antara tahun 2022-2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018-2019.

New York merupakan tujuan kerja dan kehidupan nomor satu bagi lulusan baru. Namun, sisi gelap memilih bekerja di kota tersebut adalah biaya hidup yang sangat mahal.

Apalagi, untuk tinggal dan bekerja di wilayah Manhattan, New York. Kawasan ini adalah tempat tinggal termahal, bahkan bila dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya.

Kota ini disebut memiliki biaya hidup lebih dari dua kali lipat rata-rata biaya hidup nasional. Rata-rata biaya sewa tempat tinggal tetap saja mencapai rekor tertinggi yaitu hampir US$ 4.400 atau Rp 69 jutaan per bulan.

Meski menggiurkan, saat ini tidak semua lulusan perguruan tinggi bersedia menjalani gaya hidup mahal ala New York. Mayoritas lulusan baru mengatakan inflasi dan biaya hidup membuat mereka memikirkan kembali rencana usai lulus dari perguruan tinggi.

Beberapa dari mereka mengatakan ingin pindah ke model kehidupan yang lebih murah seperti di Miami, Atlanta, hingga Philadelphia menjadi beberapa pilihannya.

15 Kota di AS yang Terima Banyak Pencari Kerja:

1. New York
2. Chicago
3. Dallas
4. Los Angeles
5. Atlanta
6. Boston
7. San Fransisco
8. Austin, Texas
9. Washington DC.
10. Houston
11. Seattle
12. Denver
13. Philadelphia
14. San Diego
15. Miami

Editor: PARNA

Sumber: detikcom