Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi polusi udara di DKI Jakarta, yang banyak dikeluhkan di media sosial. Menurutnya polusi di Jakarta sudah terjadi bertahun-tahun dan bukan hanya sekarang.

“Polusi itu tidak hanya hari ini. Sudah bertahun-tahun kita alami di Ibu Kota Jakarta ini. Bertahun-tahun kita alami. Dan ya salah satu solusinya adalah mengurangi beban Jakarta. Sehingga bagian nanti digeser ke Ibu Kota Nusantara.” katanya usai meresmikan Indonesia Arena di Kompleks GBK, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Selain itu ia juga mendorong penggunaan transportasi massal seperti LRT, MRT, dan kereta cepat. Jokowi memerintahkan agar semua rute MRT dan LRT diselesaikan. Sebab moda transportasi umum tersebut akan mengurangi polusi.

“Tapi juga moda transportasi massal itu harus. MRT itu harus selesai, semua rute. LRT untuk semua rute selesai. Kereta cepat. Itu moda transportasi yang akan mengurangi polusi,” tuturnya.

Ia juga menyinggung pemanfaatan kendaraan listrik yang dinilai mampu menekan polusi. Menurutnya, inilah salah satu alasan mengapa pemerintah mendorong pemakaian kendaraan listrik.

“Termasuk nantinya pemakaian mobil listrik. Kenapa kita berikan dorongan, karena itu,” ujarnya.

Dilansir dari akun Twitter Piotr Jakubowski @piotrj, menyarankan penggunaan masker terkait kondisi udara di Jakarta. Co-founder aplikasi kualitas udara nafas ini menampilkan data kualitas udara di beberapa wilayah Jakarta terdeteksi sangat tidak sehat.

“Jakarta sesak nafas. Polusi udara pagi ini 40 kali di atas guideline. Kalau polusi bertahan sehari, bernafas di Tarumajaya seperti ngerokok 9 batang. Pulau Seribu malah 10x di atas guideline. Jangan lupa pakai masker,” pungkasnya.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com