Film keluaran Marvel Guardians of the Galaxy: Vol. 3 sukses mengantongi pendapatan hingga US$ 282,1 juta atau setara Rp 4,23 triliun (kurs Rp 15.000/US$) dalam tiga hari pertamanya tayang di bioskop di seluruh penjuru dunia. Film ini menjadi karya terakhir James Gunn dengan Marvel Studios dan permulaannya sebagai Co-CEO DC Studios.

Melansir CNBC, Senin (8/5/2023), Guardians of the Galaxy: Vol. 3 berhasil meraup US$ 114 juta atau setara Rp 1,7 triliun di box office domestik selama tiga hari pertama penayangannya. Film besutan Marvel Studio inipun kembali mengumpulkan US$ 168,1 atau setara Rp 2,52 triliun. Total, film ini telah menghasilkan US$ 282,1 juta atau setara Rp 4,23 triliun secara global.

“Tradisi lama dari film Marvel yang memulai musim film musim panas terus berlanjut dan dengan debut lebih dari $100 juta,” kata analis media senior di Comscore, Paul Dergarabedian.

Kini, film-film keluaran Marvel Cinematic Universe merupakan separuh dari lusinan film yang pada penayangan pertamanya berhasil menjual lebih dari US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun tiket di AS dan Kanada, sejak dimulainya pandemi Covid-19.

DI sisi lain, pencapaian Guardians of the Galaxy: Vol. 3 ini sedikit di bawah ekspektasi, yang mana harapannya film tersebut dapat meraup antara US$120-150 juta atau setara Rp 1,8-2,25 triliun selama awal pembukaannya. Bahkan perolehannya belum dapat melampaui ‘Guardians of the Galaxy: Vol 2’ yang berhasil mengantongi US$ 146,5 juta atau setara Rp 2,19 triliun pada 2017 silam.

“Ekspektasi pasti mulai lebih tinggi untuk pembukaan ‘Vol. 3’s′ ini, tapi mungkin itu tidak adil untuk trilogi-capper yang sebenarnya merupakan film keenam yang menampilkan karakter-karakter ini dalam waktu kurang dari satu dekade,” kata Kepala Analis di BoxOffice.com, Shawn Robbins.

Menurut Robbins, film tersebut bertindak lebih sebagai epilog untuk sejumlah karakter Marvel populer dan bukan sebagai penentu untuk cerita masa depan di alam semesta Marvel. Meski demikian, bukan berarti film itu tidak bisa terus mendorong kunjungan pejalan kaki ke bioskop.

“Jika reaksi para penonton awal ini bisa berbicara, kaki box office sekuel ini dapat diperpanjang dalam beberapa minggu ke depan dan membawa kembali beberapa penonton biasa Marvel yang telah memilih untuk menunggu dari mulut ke mulut daripada terburu-buru pada akhir pekan pembukaan,” kata Robbins.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com