Bayern Munchen lolos ke perempat final Liga Champions usai menang 1-0 atas Paris Saint-Germain (PSG) di leg kedua babak 16 besar di Allianz Arena, Kamis (9/3/2023) dini hari WIB.

Pada menit ke-25 Messi memiliki kans mencetak gol usai mendapat umpan tarik dari Nuno Mendes. Akan tetapi eksekusi pertama Messi bisa diblok Alphonse Davies, lalu percobaan kedua Messi bisa diblok Matthijs de Ligt hingga akhirnya ditangkap Yann Sommer.

Tendangan kaki kiri Jamal Musiala dari jarak dekat pada menit ke-32 bisa ditepis Gianluigi Donnarumma.

PSG hampir unggul pada menit ke-38 jika tendangan kaki kiri Vitinha yang nyaris masuk ke gawang tidak disapu bersih Mathhijs de Ligt.

Peluang emas PSG itu bermula dari blunder kiper Yann Sommer. Sommer yang terlalu berani memainkan bola di kotak penalti bisa direbut Vitinha. Tanpa membuang waktu Vitinha melepaskan tendangan kaki kiri, namun tidak cukup kencang, sehingga bisa dibuang De Ligt.

Joshua Kimmich nyaris menciptakan peluang gol bagi FC Hollywood. Akan tetapi tendangan Kimmich pada menit ke-51 membentur Eric Maxim Choupo-Moting yang berdiri di depan gawang PSG.

Bayern membobol gawang PSG pada menit ke-52 melalui sundulan Choupo-Moting yang memanfaatkan umpan silang Musiala. Akan tetapi gol itu dianulir VAR setelah dalam tayangan ulang upaya Thomas Muller yang ingin meraih bola dianggap offside.

Choupo-Moting akhirnya benar-benar mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-61 setelah memanfaatkan operan pendek Leon Goretzka.

Gol Munchen itu bermula dari blunder Marco Verratti di area pertahanan sendiri. Verratti gagal mengontrol bola dengan baik sehingga direbut Leon Goretzka dan Muller. Goretzka kemudian mengoper bola kepada Choupo-Moting yang menunggu di depan gawang PSG.

Pressing ketat Leon Goretzka dalam pertandingan ini membuat Lionel Messi tidak berkutik. Messi tercatat hanya melepaskan satu tembakan on target satu kali sepanjang pertandingan.

Penyelamatan krusial dibuat Sommer dengan menepis sundulan Sergio Ramos hasil umpan sepak pojok pada menit ke-64.

Pemain pengganti Serge Gnabry memastikan PSG tersingkir dari Liga Champions lewat golnya pada menit ke-90 setelah mendapat umpan matang Joao Cancelo.

Sadio Mane mencetak gol pada menit ke-90+4, namun dianulir. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Bayern Munchen menang 2-0 atas PSG. Kemenangan itu membuat Bayern menang agregat 3-0 dan lolos ke perempat final Liga Champions.

Susunan Pemain Bayern vs PSG:

Bayern: Sommer, Stanisic, Upamecano, De Ligt, Davies, Kimmich, Goretzka, Musiala, Muller, Coman, Choupo-Moting.

PSG: Donnarumma, Hakimi, Ramos, Marquinhos, Mendes, Danilo, Ruiz, Verratti, Vitinha, Mbappe, Messi.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia