Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengusulkan semangat otonomi daerah dibangkitkan kembali sesuai dengan amanah UU yang ada dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2023.

Menurutnya, pemerintah pusat juga diminta agar lebih serius memberikan kewenangan kepada pemerintah provinsi untuk mengelola segala potensi yang ada di setiap daerah.

“Intinya harus dikembalikan, bagaiman seharusnya semangat UU Otda itu dibentuk yakni untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi-potensi daerah. Tujuannya tak lain untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Politikus Partai Golkar di Balikpapan, Kamis (23/2/2023).

Ansar juga mengusulkan agar apa yang dibahas dalam Rakernas APPSI kali ini tidak setengah-setengah. Ada pertemuan yang lebih konkrit lagi setelah ini.

“Ada pertemuan yang lebih spesifik. Kenapa? Karena pertemuan kita ini masih bersifat global,” tambah Bupati Bintan dua periode itu.

Pemikiran Ansar tersebut kemudian dia pertegas lagi, bahwa tujuannya agar setiap rekomendasi dari Rakernas APPSI yang akurat bisa diimplementasikan, untuk pembangunan nasional Indonesia.

Melalui kesempatan ini Ansar juga meminta agar APPSI berperan ikut mendorong segera terbentuknya UU Daerah Kepulauan.

Dalam Rakernas APPSI 2023 di Balikpapan ini, eks legislator Senayan itu tampak lebih banyak mendapat tempat untuk memberikan pendapat.

Selain itu juga mendapat porsi tempat duduk yang strategis, serta dalam sesi foto bersama Gubernur Ansar berdampingan langsung dengan Presiden RI Joko Widodo dan diapit para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Editor: HER