Dua pengadilan tingkat banding baru, Pengadilan Tinggi (PT) dan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) kini hadir di Kepri.

Peresmian kantor baru ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Mahkamah Agung RI, H.M. Syarifuddin di Tanjungpinang, Senin (5/12/2022).

Kedua pengadilan tingkat banding baru Kepri tersebut diresmikan Ketua MA bersama 11 pengadilan tingkat banding baru di 9 provinsi dan 38 gdung pengadilan tingkat pertama se-Indonesia di mana Kepri menjadi tuan rumah pelaksanaan peresmiannya.

11 pengadilan tingkat banding baru tersebut di antaranya PT Kalimantan Utara, PT Sulawesi Barat, PT Papua Barat, PTA Bali, PTA Kalimantan Utara, PTA Sulawesi Barat, PTA Papua Barat, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Palembang, PTTUN Banjarmasin, PTTUN Manado, dan PTTUN Mataram.

Saat ini kedua pengadilan tingkat banding baru Kepri beroperasi di gedung sementara. Pemprov Kepri telah menghibahkan lahan seluas masing-masing 2 Ha di wilayah Pusat Pemerintahan Pemprov Kepri, Dompak.

Pembangunan Gedung PT dan PTA Kepri yang telah dipastikan dimulai pengerjaannya di Tahun Anggaran 2023 mendatang.

Ketua MA RI H.M. Syarifuddin mengatakan, pembangunan gedung pengadilan tersebut merupakan upaya Mahkamah Agung dalam mewujudkan pelayanan yang prima terhadap pencari keadilan.

Sementara Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengaku bangga Kepri ditunjuk sebagai tuan rumah. Juga senang karena telah memiliki PT dan PTA sendiri.

“Ini sebagai komitmen memberikan pelayanan hukum yang efektif dan efisien dalam mendekatkan pelayanan pada pencari keadilan. Kehadiran pengadilan banding akan sangat strategis karena Kepri merupakan gerbang terdepan Indonesia,” ujarnya.

Menurut Gubernur Ansar, dari gambaran perkara dalam penegakan hukum, peresmian PT dan PTA Kepri merupakan langkah solutif dan sebagai bentuk dari akses terhadap keadilan dan merupakan perwujudan hak mendapatkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk di Provinsi Kepulauan Riau.

Acara terasa spesial karena dihadiri hampir seluruh petinggi Mahkamah Agung RI, di antaranya Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Sunarto, Sekretaris MA Hasbi Hasan, Ketua Kamar Agama, Kamar Pidana, Kamar Perdata, Kamar Militer, Kamar Pengawasan, Kamar TUN, para Dirjen, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Induk dan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Baru.

Editor: HER