Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad memanfaatkan kunjungan kerjanya dengan meninjau langsung persiapan pembukaan MTQ IX Provinsi Kepri di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa, Anambas, Sabtu (9/7/2022).

Didampingi Bupati Anambas Abdul Haris, Gubernur Ansar berkeliling melihat Astaka Utama MTQ IX Provinsi Kepri.

Ansar mengaku terkesan dengan persiapan yang dilakukan Pemkab Anambas, dengan progres yang sudah 80 persen. Dirinya yakin perhelatan MTQ IX bisa sukses terselenggara.

“MTQ ini sebenarnya kegiatan syi’ar Al-Qur’an, jadi inti fokusnya ada di kebersamaan. Kita mau MTQ kali ini benar-benar berkualitas dan objektif, dan saya yakin Anambas sebagai tuan rumah bisa membuktikan hal itu,” kata Gubernur Ansar.

Bupati Bintan dua periode itu berharap MTQ di Anambas ini mampu menggerakkan roda perekonomian dengan banyaknya tamu dan peserta yang datang. Ditambah dengan suguhan panorama Tarempa yang indah menjadi daya tarik utama.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris optimis persiapan MTQ bisa diselesaikan tepat waktu. Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat, khususnya Tambelan bisa mensukseskan ajang bergengsi ini dengan memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang.

“Mari kita manfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk menunjukkan wajah Anambas yang ramah dan terbuka untuk semua. Kita buat tamu yang hadir merasa betah dan ingin berkunjung ke Anambas lagi,” ujarnya.

Gubernur Ansar juga tak lupa turut menyerahkan bantuan 4 ekor sapi kurban kepada masyarakat Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan guna merayakan Idul Adha 1443 H.

Total sapi kurban yang diberikan Pemprov Kepri untuk seluruh kabupaten dan kota di Kepri sebanyak 30 ekor sapi. Rinciannya untuk Kabupaten Bintan 7 ekor sapi, Kota Batam 4 ekor sapi, Kota Tanjungpinang 8 ekor sapi, Kabupaten Karimun 3 ekor sapi, Kepulauan Anambas 4 ekor sapi, Kabupaten Lingga 2 ekor sapi serta Kabupaten Natuna sebanyak 2 ekor sapi.

Seperti diketahui, tahun lalu Gubernur Kepri Ansar Ahmad melaksanakan sholat Idul Adha di Natuna. Malam ini mantan anggota DPR RI itu juga berkesempatan melepas pawai takbir untuk menyambut hari raya kurban tersebut.

“Pawai takbir ini menjadi ekspresi kegembiraan kita menyambut Idul Adha, sekaligus ini menjadi rangkaian untuk menyemarakkan MTQ tingkat provinsi di Anambas,” ungkap Ansar.

Usai sholat Idul Adha, Ansar juga akan menyerahkan 2 ekor sapi dari Presiden RI Joko Widodo untuk Provinsi Kepri yang tahun ini akan dikurbankan di Masjid Jami’ Baiturrahim Tarempa.

“Sapi kurban dari Presiden Jokowi ini kita alokasikan tidak untuk daerah perkotaan dulu, tapi untuk masyarakat di daerah perbatasan yang tentunya lebih membutuhkan bantuan kurban karena esensi Idul Adha itu ada dipengorbanan dan keihklasan,” pungkas Ansar.

Editor: RIKASWIN