Aplikasi Whatsapp memiliki fitur yang dapat digunakan untuk melacak lokasi orang lain, termasuk keluarga atau teman yang sedang melakukan perjalanan mudik. Berikut cara mudah mengetahui lokasinya melalui WhatsApp.

Cara ini bisa dilakukan dengan fitur pada di aplikasi, tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Selain lewat fitur yang disediakan, WhatsApp juga memungkinkan untuk menunjukkan lokasi orang lain kepada Anda secara tidak langsung lewat WhatsApp Web.

Setidaknya terdapat tiga cara yang bisa dilakukan pengguna WhatsApp untuk mengetahui lokasi orang lain. Di antaranya lewat Command Prompt yang bisa diakses lewat WhatsApp web maupun OS Windows.

1. Cek Lokasi lewat Command Prompt
Cara pertama, pengguna dapat mengetahui lokasi seseorang pengguna WhatsApp dengan fitur Command Prompt yang dioperasikan dari komputer atau laptop.

Fitur Command Prompt adalah fitur bawaan yang sudah tersedia di setiap komputer berbasis Windows, sehingga pengguna tak perlu mengunduh aplikasi apa pun jika PC menggunakan OS Windows.

Pencarian lokasi melalui Command Prompt menggunakan metode pencarian Internet Protocol (IP) Address atau alamat IP yang menjadi identitas sebuah gawai dalam aktivitasnya di internet.

Namun cara ini hanya bisa dilakukan melalui WhatsApp Web. Berikut langkahnya:
– Buka WhatsApp Web lalu cari pengguna yang ingin dilacak IP address-nya.
– Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan, kecuali browser yang sedang Anda gunakan agar mencegah terjadinya gangguan saat proses pencarian IP dilakukan.
– Tekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan untuk membuka Task Manager.
– Setelah Task Manager muncul, tekan Win + R pada keyboard untuk menjalankan fungsi Run pada keyboard.
– Ketik Cmd lalu tekan Enter.
– Jendela Command Prompt akan muncul. Lalu ketik netstat-an dan tekan enter pada opsi C:Documents and Settings Administrator yang berada di bagian atas jendela.
– Akan muncul alamat IP, catat atau copy alamat tersebut sebelum menutup prompt.
– Selanjutnya open tab pada Chrome dan buka www.ip-adress.com/ip_tracer.
– Lalu masukkan alamat IP yang telah di-copy untuk mengetahui lokasi orang tersebut.

2. Cek Lokasi lewat Live Location
Cara cek lokasi lewat WhatsApp lainnya adalah memanfaatkan fitur live location. Fitur ini dapat memberitahukan lokasi pengguna kepada orang yang dikehendaki secara real-time.

Berikut cara berbagi dengan fitur Live Location lewat WhatsApp di ponsel.
– Buka aplikasi WhatsApp
– Cari dan putuskan kepada siapa Anda akan berbagi lokasi
– Kemudian pada kolom tulis pesan, ketuk ikon paper clip atau penjepit kertas
– Lalu pilih opsi Lokasi
– Selanjutnya pilih opsi Berbagi Lokasi Terkini atau Share Live Location
– Pilih durasi waktu untuk berbagi lokasi
– Kemudian ketuk Kirim untuk mulai berbagi lokasi
– Live Location akan tersaji menggunakan aplikasi peta yang tersedia di ponsel penerima seperti Google Maps. Jika Anda berbagi di grup, maka semua orang dalam grup dapat melihat lokasi yang Anda bagikan.

Sebaliknya, jika orang dalam kontak membagikan lokasinya, Anda juga dapat mengetahui lokasi terkini orang lain ketika dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum, taksi, maupun jasa antar online.

3. Cek Lokasi lewat Share Location
Fitur berikutnya adalah Share Location yang sedikit berbeda dengan Live Location. Share Location tidak memberikan lokasi pengguna secara real-time kepada penerima, melainkan hanya lokasi yang dibagikan saat itu.

Namun yang menjadi perbedaan, fitur Share Location tidak berlaku pada periode tertentu. Selama pesan masih berada di kolom chat, lokasi yang dibagikan tetap dapat dilihat.
– Buka aplikasi WhatsApp
– Cari kontak yang ingin Anda bagikan lokasi
– Kemudian pada kolom tulis pesan, ketuk ikon penjepit kertas
– Pilih opsi Lokasi
– Selanjutnya pilih opsi Send Your Current Location atau Kirimkan Lokasi Terkini jika ingin mengirimkan lokasi saat ini.
– Pilih ikon kaca pembesar (menu pencarian), lalu ketik lokasi yang ingin dibagikan jika ingin mengirimkan lokasi lain.
– Klik pada lokasi tersebut
Lokasi yang dibagikan akan ditampilkan dalam peta yang jika diklik akan mengarahkan penerima ke aplikasi Google Maps.

Demikian 3 cara cek lokasi pasangan lewat WhatsApp. Lewat ketiga cara itu, Anda tak lagi perlu khawatir keberadaannya saat berada di luar rumah.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia