WhatsApp menjadi media sosial untuk berkomunikasi yang paling diandalkan banyak orang. Kebutuhan berbagi pesan, gambar, video, hingga telepon bisa dilakukan dengan mudah di WhatsApp.

Hanya saja, pengguna aktif WhatsApp yang menggunakan aplikasi ini setiap harinya memerlukan kuota internet yang cukup banyak untuk bisa mengakomodasi berondongan chat dan panggilan yang masuk setiap hari.

Dengan mengetahui cara menghemat data internet WhatsApp berikut, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa khawatir boros ataupun kuota tidak akan terbuang sia-sia. Simak caranya.

1. Matikan background data

Tanpa disadari, kuota internet Anda akan terus termakan meski tidak sedang membuka WhatsApp karena aplikasi tetap berjalan di background.

Supaya menghemat kuota internet, Anda bisa menonaktifkan background datanya. Akan tetapi, pesan apa pun tidak akan masuk selama Anda tidak membuka aplikasi WhatsApp.

WhatsApp akan kembali berjalan dan menerima pesan masuk ketika Anda membuka aplikasinya saja. Untuk mematikan background data WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut.

– Buka aplikasi menu Pengaturan ponsel
– Kemudian pilih opsi menu Aplikasi
– Gulir layar dan temukan aplikasi WhatsApp. Bisa juga melakukannya dengan mengetik aplikasi WhatsApp pada kolom pencarian
– Ketuk menu WhatsApp, lalu ketuk opsi Data Seluler
– Matikan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang.

2. Nonaktifkan unduh media otomatis WhatsApp
Menerima maupun mengirim foto dan video WhatsApp menyedot kuota internet yang lebih besar sehingga jadi lebih boros.

Dengan mematikan fitur unduh media otomatis (auto-download) foto dan video di WhatsApp, kuota internet tidak akan terbuang sia-sia. Anda cukup memilih foto atau video mana yang hanya ingin diunduh dan dilihat.

Selain menghemat kuota internet, cara ini juga dapat mencegah kapasitas memori ponsel Anda cepat penuh. Berikut cara menonaktifkan fitur auto-download WhatsApp.

– Pilih Settings (Setelan) pada aplikasi WhatsApp, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
– Selanjutnya pilih bagian Storage and Data usage (Penyimpanan dan data)
– Hilangkan semua centang pada tiga opsi yang ada, yakni When using mobile data (Saat menggunakan data seluler), When connected on Wi-Fi (Saat terhubung ke Wi-Fi), dan When roaming
– Kemudian tekan OK. Jika berhasil, akan muncul keterangan ‘No media’ pada ketiganya
– Anda akan tetap bisa mengunduh foto atau video yang dikirim meski menonaktifkan fitur auto-download, namun secara manual dengan tap pada media yang ingin dilihat saja.

3. Aktifkan fitur less data untuk panggilan WhatsApp
WhatsApp membutuhkan kuota internet yang cukup besar untuk melakukan panggilan telepon suara dan video.
Namun tak perlu khawatir boros kuota, Anda tetap bisa menelepon bahkan video call di WhatsApp dengan cara mengaktifkan fitur less data for calls.

Berikut cara menghemat data internet WhatsApp dengan mengaktifkan fitur less data.

– Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android atau iOS, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
– Pilih Settings (Setelan), lalu pilih opsi Storage and Data
– Kemudian, klik tap toggle ‘Use less data for calls’ untuk mengaktifkannya
– Jika toggle ini sudah aktif, panggilan telepon dan video akan menggunakan lebih sedikit data ketimbang sebelum diaktifkan. Namun, ada kemungkinan akan sedikit memengaruhi kualitas telepon dan video.

4. Atur backup chat WhatsApp
Pada pengaturan default, WhatsApp akan mencadangkan pesan dan media secara otomatis ke Google Drive setiap hari. Pencadangan (backup) ini tentu akan mengonsumsi data internet.

Mengutip Lifewire, yang bisa Anda lakukan adalah mengatur backup chat terbatas pada waktu yang ditentukan serta jaringan yang digunakan saja.

– Masuk di Settings (Setelan) pada aplikasi Whatsapp
– Pilih Chat, kemudian Chat backup, klik menu Back up to Google Drive (Cadangkan ke Google Drive)
– Pilih opsi Only when I tap ‘Back up’ (Hanya ketika saya mengetuk ‘Cadangkan’)
– Kemudian, atur WhatsApp untuk menunda pencadangan data hanya saat menggunakan jaringan Wi-Fi
– Untuk menyesuaikan pengaturan ini di perangkat Android, buka Settings > Chat > Chat backup > Backup over > Wi-Fi.
– Dengan demikian, proses backup otomatis akan nonaktif.

Untuk dapat melakukan pencadangan pesan, Anda dapat mem-back up secara manual dengan menekan menu Back Up (Cadangkan) secara gratis karena hanya berjalan saat hanya menggunakan Wi-Fi.

5. Selalu pantau konsumsi data internet WhatsApp
Kadang kala kita melampaui batas penggunaan kuota paket data tanpa menyadarinya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memantau statistik pemakaian data seluler WhatsApp.

Dengan memantau statistik data penggunaanini, Anda dapat mengontrol seberapa banyak konsumsi data yang sudah dihabiskan.

– Buka Pengaturan di aplikasi WhatsApp
– Pilih Storage and Data usage (Penyimpanan dan data)
– Pilih Network usage (Penggunaan jaringan) yang akan menampilkan seluruh data seluler yang dipakai berdasarkan penggunaannya.
– Kemudian klik Reset statistic untuk mengatur ulang semua statistik kembali ke nol dan menghitung dari awal.

Dengan begitu Anda bisa tahu ketika pemakaian sudah mendekati batas dan tidak boros kuota.

Demikian cara menghemat data internet WhatsApp. Semoga bermanfaat bagi Anda yang menghemat penggunaan paket mobile data.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia