Buntut kebijakan pembukaan seluruh akses masuk bagi Wisatawan Mancanegara (Wisman) melalui pelabuhan di Batam, Kepulauan Riau.

Sebanyak 26 Wisman dari Singapura mulai masuk melalui pelabuhan Harbour Bay, Batuampar, Rabu (23/3/2022) siang.

Pantauan di lokasi, Wisman yang masuk melalui pelabuhan berjumlah 94 orang, terdiri dari 26 Warga Negara Asing (WNA) dari Singapura, India, Kanada, dan Australia.

Sementara 68 orang penumpang lainnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Sebelum diizinkan meninggalkan lokasi pelabuhan, para Wisman dan WNI yang tiba, tampak harus menjalani tes PCR terlebih dahulu.

Baik Wisman dan WNI yang tiba, juga terlihat telah ditunggu oleh pihak hotel yang sebelumnya telah dipesan sebelum tiba di Batam.

“Sejak diberlakukan aturan baru, hari ini ada 94 penumpang yang masuk dengan kapal Horizon 8 dari Tanah Merah, Singapura. Mereka sendiri tiba pukul 14.30 WIB,” ujar Manager Agen Kapal Harbourbay, Epi saat ditemui di lokasi.

Kondisi pelabuhan dan pelayaran Internasional melalui Pelabuhan Harbour Bay, juga diakuinya kembali bergairah setelah Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan terbaru ini.

“Melihat ada penumpang lagi dari Singapura yang masuk dari sini, tentu saja kami senang mas. Kan sebelumnya tahu sendiri bagian kedatangan Internasional dan keberangkatan ini mati suri selama dua tahun,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu bell driver Best Western Panbil, Perdi mengambarkan kesenangannya dapat kembali bertugas melakukan penjemputan terhadap Wisman.

Menunggu sejak pukul 13.00 WIB, ia mengaku akan menjemput 6 Wisman yang telah melakukan bokking kamar di hotel tempatnya bekerja.

“Udah lama loh bang saya tidak bertugas menjemput Wisman. Sekarang saya ditugaskan kembali tentu saja saya senang sekali bang,” paparnya.

Dengan masuknya kembali Wisman ke Batam, diharapkan dapat kembali menggenjot sektor pariwisata yang telah lama tertidur.

“Biasa kami hanya melayani wisatawan lokal bang. Kali ini sudah kembali melayani Wisman. Semoga ini terus berlanjut bang,” harapnya.

Editor: WIL