Sebanyak 4 orang terduga teroris kembali diamankan Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri di Batam, Kepulauan Riau.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, keempat warga Batam tersebut diamankan di dua lokasi berbeda pada, Rabu (16/3/2022) malam.

Informasi ini kemudian dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhart saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (17/3/2022) siang.

“Benar mas, kemarin ada operasi Tim Densus di Batam. Dan ada diamankan 4 orang terduga teroris,” terangnya.

Keempat orang yang diketahui berinisial AR, MS, AS, dan DS ini diketahui masih merupakan jaringan Jemaah Islamiyah (JI).

Sebelumnya Tim Densus 88 Mabes Polri sendiri, sudah mengamankan dua orang terduga teroris, yang diketahui berperan sebagai perekrut pada tahun 2021 lalu.

“AS, MS dan DS diamankan di Sagulung Sementara A diamankan di Sekupang,” lanjutnya.

Adapun peran dan keempat terduga ini diantaranya, terduga DS diketahui menjabat sebagai bagian Dakwah Bidang T3 Batam pada 2012.

Tahun yang sama, ia juga menjadi pembina dan merekrut anggota di Batam.

Kemudian, terduga MS merupakan pembina di bawah pimpinan mujahid yang merupakan Qoid Korda Batam dan sekitar akhir tahun 2014 mengikuti pertemuan sesama anggota JI di Batam.

Untuk terduga AS, pada tahun 2017 Mudjahid merekomendasikan orang-orang binaan taklim (T3) termasuk AS untuk dikirimkan mengikuti penyaringan berikutnya yaitu Sub Bidang Tamhiz T3 yang berada di Medan.

Sementara itu, terduga AR masuk ke dalam struktur kepengurusan JI Batam sebagai pembina di bawah pimpinan Mudjahid yang merupakan Qoid Korda Batam.

Editor: WIL