Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan saat ini tengah membuka kesempatan bagi para Pencari Kerja (Pencaker) asal Batam guna bekerja di luar negeri.

Kepada Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti menyebutkan bahwa saat ini salah satu perusahaan penyedia jasa di Taiwan, tengah membuka lowongan untuk tiga posisi.

Pertama untuk perawat yang akan ditempatkan di panti khusus untuk merawat orangtua. Lalu ada worker operator kebutuhan mencapai 90 orang, dan mayoritas pria, dan ketiga itu domestik helper atau asisten rumah tangga.

“Kami memfasilitasi saja, nanti untuk teknis dan pelatihan akan diberikan pihak perusahaan,” terangnya melalui sambungan telepon, Jumat (11/3/2022).

Selain kesempatan bekerja di Taiwan, Rudi juga menuturkan, saat ini tengah membuka peluang dibuka melalui permintaan pekerja untuk ditempatkan di Jepang.

Pencari kerja diungkapkannya, akan mendapatkan gaji yang lebih besar dari pada di Batam.

Selain itu pekerja juga memiliki pengalaman yang bisa bermanfaat ketika kembali ke Indonesia.

“Pekerja dibekali pelatihan dan memang untuk Jepang sangat butuh pekerja yang memiliki fisik bagus, dan bisa bertahan akan tekanan. Karena budaya kerja di sana sangat disiplin,” sambungnya.

Rudi mengungkapkan bekerja di luar negeri bisa menjadi peluang bagi pencaker di Batam.

Hal ini karena Batam juga masih berjuang untuk bangkit dari pandemi, dan hal ini dilakukan guna mengurangi angka pengangguran ini bisa dengan memanfaatkan kesempatan kerja yang ada saat ini.

“Untuk gaji biasanya bisa berkisar Rp12 juta per bulan. Kalau memang ada yang berminat, silakan datang ke Disnaker untuk melihat persyaratannya,” sebut Rudi.

Editor: WIL