Berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin D memang dibutuhkan tubuh untuk menjaga imunitas. Ada beberapa tanda tubuh kurang vitamin D.
Apa fungsi vitamin D?

Vitamin D membantu memperkuat tulang dan dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Vitamin D adalah salah satu dari banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh kita untuk tetap sehat. Vitamin ini memiliki banyak fungsi, antara lain:

1. Memperkuat tulang
Memiliki tulang yang sehat melindungi Anda dari berbagai kondisi, termasuk rakhitis. Rakhitis merupakan kelainan yang menyebabkan anak memiliki tulang yang lemah dan lunak. Hal ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D dalam tubuh.

2. Menyerap kalsium:
Vitamin D, bersama dengan kalsium, membantu membangun tulang dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Tulang yang lemah dapat menyebabkan osteoporosis, hilangnya kepadatan tulang, yang dapat menyebabkan patah tulang.

3. Bekerja dengan kelenjar paratiroid
Kelenjar paratiroid bekerja dari menit ke menit untuk menyeimbangkan kalsium dalam darah dengan berkomunikasi dengan ginjal, usus dan kerangka. Ketika ada kalsium yang cukup dalam makanan dan Vitamin D aktif yang cukup, kalsium makanan diserap dan digunakan dengan baik di seluruh tubuh.

Lalu apa tanda tubuh kurang vitamin D?
Tak semua orang mengalami gejala ketika mengalami masalah kekurangan vitamin D. Mengutip Cleveland Clinic dan Web MD, ada beberapa gejala yang mungkin muncul.

– Kelelahan dan kelemahan otot
Vitamin D menjadi kunci kesehatan tulang. Jumlah yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kelemahan tulang dan otot, yang dapat menyebabkan kelelahan.

– Nyeri dan sakit tulang
Vitamin D dapat meningkatkan massa tulang dan mencegah keropos tulang. Jika seseorang mengalami nyeri tulang dan persendian, itu mungkin mengindikasikan kekurangan vitamin D.

– Fraktur
Mengutip Medical News Today, vitamin D yang cukup dalam tubuh membantu menjaga kekuatan tulang dengan mendukung penyerapan kalsium.

Menurut National Osteoporosis Foundation, ini sangat penting bagi wanita setelah menopause, yang dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun dan risiko osteoporosis meningkat.

Ini menjadi salah satu tanda tubuh kurang vitamin D.

– Depresi
Penelitian pada 2019 telah menemukan bahwa kadar vitamin D yang lebih rendah dapat meningkatkan risiko depresi.

– Penyembuhan luka yang lambat
Hasil penelitian in vitro menunjukkan bahwa vitamin D berperan penting dalam penyembuhan luka karena mengatur faktor pertumbuhan dan senyawa lain yang membentuk jaringan baru.

Jika luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari biasanya, itu mungkin merupakan tanda tubuh kurang vitamin D.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia